Apa Itu Kain Toyobo? Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Toyobo

Kain toyobo adalah

Apa Itu kain Toyobo?

Kain toyobo adalah jenis kain tenun yang terbuat dari katun dan diimpor langsung dari negara Jepang. Sama seperti halnya Nagata Drill, “Toyobo” bukanlah nama kain, melainkan sebuah nama perusahaan terkenal di Jepang. Kain ini memiliki karakteristik tenunan yang lebih tipis ketimbang drill namun tetap jatuh dan sedikit mengkilap.

Teksturnya yang halus dan juga lembut membuatanya cocok untuk dijadikan bahan pembuatan seragam PDH, kemeja, rok hingga celana.

Karakteristik Bahan Kain Toyobo

Karakteristik Kain Toyobo

Bahan toyobo memiliki karakteristik permukaan yang glossy (mengkilap) dan jika diraba akan terasa lembut ketimbang drill. Serat kain toyobo sedikit lebih tebal ketimbang katun Inma premium. Pada dasaranyaToyobo dibuat dengan cara menyilangkan serat benang dengan cara horizontal, vertikal dan diagonal. Itulah sebabnya bahan toyobo tidak termasuk ke dalam kategori bahan drill.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik bahan toyobo:

  1. Serat kain rapat dan tidak menerawang
  2. Sifat kain yang jatuh dan luwes
  3. Bahannya adem dan menyerap keringat dengan baik
  4. Serat kain lebih tebal

Kelebihan Dan Kekurangan Kain Toyobo

Kelebihan Bahan Toyobo

  1. Memiliki ketahanan warna yang bagus sehingga tidak mudah luntur
  2. Toyobo cukup tebal dan tidak menerawang, sehingga kamu tidak memerlukan furing tambahan.
  3. Kain ini terbuat dari serat alami sehingga jauh lebih adem dan mudah untuk menyerap keringat
  4. Konstruksi tenunan pada bahan kain toyobo membuatnya tidak mudah melar.
  5. Cocok untuk pembuatan pakaian formal
  6. Tidak mudah kusut

Kekurangan Bahan Toyobo

  1. Harganya cukup tinggi
  2. Susah ditemukan di pasaran
  3. Tingkat ketahanan yang kurang kuat jika dibandingkan dengan bahan drill
  4. Kebanyakan bahan toyobo diproduksi tanpa motif (polos)
  5. terlalu banyak barang tiruannya di pasaran (produk KW)

Sejarah Perusahaan TOYOBO

Logo Perusahaan Toyobo

Awalnya Toyobo hanyalah sebuah pabrik pemintalan kapas biasa yang akhirnya berubah menjelma menjadi pemimpin dalam industri dalam berbagai bidang seperti, film, produk otomotif, tekstil hingga biofarma.

Awal Mula (1882-1931):

Shibusawa Eiichi

Sejarah awal berdirinya Toyobo pertama kali dapat kita tarik pada tahun 1882, Selama era Restorasi Meiji. Saat itu, Eiichi Shibusawa, seorang industrialis terkemuka, mendirikan Osaka Boseki, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pemintalan kapas. Inilah awal yang menandai berdirinya Toyobo dalam industri tekstil.

Pada tahun 1914, Osaka Boseki bergabung dengan Mie Boseki untuk membentuk Toyobo Co, Ltd. Langkah strategis ini mengukuhkan posisi Toyobo sebagai pemain utama dalam industri tekstil Jepang yang sedang berkembang pesat itu. Sepanjang paruh pertama abad ke-20, Toyobo berkembang pesat dan menjadi perusahaan pemintalan kapas terbesar di dunia pada tahun 1930-an.

Lompatan Jauh ke Depan (1932-1981):

Sejarah Perusahaan Toyobo

Era pasca perang membuat Toyobo melakukan diversifikasi. Menyadari perubahan lanskap industri tekstil, perusahaan merambah ke serat sintetis dan film pada tahun 1960-an. Periode ini juga ditandai dengan kemajuan teknologi yang signifikan dalam bidang tekstil. hal ini terbukti dengan pengembangan serat TUF (Toyobo Ultra Fine) yang khas, yang terkenal dengan kekuatan dan kehalusannya yang luar biasa.

Pada tahun 1970-an dan 80-an, Toyobo melakukan diversifikasi lebih lanjut, berekspansi ke berbagai bidang seperti elektronik, perawatan kesehatan, dan teknologi lingkungan. Pandangan strategis ini mengukuhkan posisi perusahaan sebagai pemimpin dalam material berkinerja tinggi di luar bidang tekstil.

Melampaui Peringatan 100 Tahun (1982-Sekarang):

Kantor Toyobo Di Jepang

Pada tahun 2022, Toyobo melakukan transformasi yang signifikan, dengan memisahkan bisnis tekstilnya dan mendirikan Toyobo Textile Co, Ltd. Langkah ini memungkinkan kedua entitas untuk fokus pada kekuatan masing-masing dan memanfaatkan peluang yang muncul di bidang spesialisasi mereka.

Saat ini, Toyobo masuk kedalam jajaran perusahaan pemimpin global dalam material berkinerja tinggi, yang terus mendorong batas-batas inovasi. Dengan portofolionya yang beragam dan komitmennya yang tak tergoyahkan terhadap penelitian dan pengembangan, Toyobo siap membentuk masa depan ilmu pengetahuan material untuk generasi yang akan datang.

Baca Juga: Bahan Kain Organza, Karakteristik Dan Penggunaannya

Jenis Jenis Bahan Kain Toyobo

Berikut adalah beberapa jenis bahan toyobo yang sering kamu jumpai di pasaran!

Kain Toyobo Premium

Toyobo dengan kualitas premium biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal namun dengan kualitas yang lebih baik. Beberapa jenis bahan Toyobo premium yang beredar antara lain: kain katun toyobo premium, kain toyobo fodu, toyobo royal mix, toyobo tojiro dan sebagainya

Kain Toyobo Polos

Kebanyakan jenis bahan toyobo yang dijual adalah kain toyobo polos tanpa motif dengan tenunan benang yang lebih rapat. Bahan ini tersedia dalam berbagai warna yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa jenis pakaian yang sering menggunakan bahan ini anatara lain: gamis, celan, rok, outer, kemeja.

Kain Toyobo Motif

Perkembangan jaman membuat banyak produsen untuk berinovasi dalam mengembangkan bahan toyobo yang menarik. Salah satu jenis kain toyobo yang sering menjadi incaran, terutama produsen gamis adalah kain toyobo motif. Kain toyobo motif bunga biasanya cukup populer untuk pembuatan baju dress wanita.

Penggunaan Bahan Toyobo

Bahan Toyobo cukup di gemari oleh para produsen pakaian, terutama pengusaha fashion muslim. Hal ini karena kain ini sangat cocok untuk pembuatan gamis, kemeja tunik ataupun rok. kain ini walaupun tebal namun tetap terasa ringan, sehingga tidak memerluakn furing tambahan.

1. Seragam Dan Kemeja

Kemeja Toyobo

Toyobo adalah pilihan yang ideal untuk proyek pembuatan seragam dan kemeja karena karakteristik bahannya yang lembut, adem dan juga halus. Kemampuannya untuk menyerap keringat membuat Toyobo sangat cocok untuk pembuatan pakaian seragam luar ruangan.

Apabila kamu berencana untuk membuat PDH/PDL, maka Toyobo bisa menjadi alternatif pengganti dari bahan Drill. Tampilannya yang mewah tentu dapat menciptakan citra positif perusahaan serta meningkatkan rasa percaya diri karyawan.

2. Rok

Rok Toyobo

Kebanyakan model rok wanita biasanya menggunakan bahan kain yang tebal dan juga jatuh. Itulah sebabnya, kain toyobo sangat cocok untuk pembuatan Rok. Bahan ini juga akan terasa nyaman di kulit dan tidak akan membuat gerah.

3. Gamis

Gamis Toyobo

Kenapa gamis banyak menggunakan bahan Toyobo? Ini karena sifat bahannya yang adem, halus dan tidak mudah kusut. Gamis yang terbuat dari Toyobo akan memberikan kesan mewah karena efek glossy dari kain. Selain itu, tampilannya yang jatuh sangat cocok untuk berbagai model gamis.

4. Outer

Outer Toyobo

Walaupun jarang kamu temui, namun kenyataannya Toyobo juga sangat cocok untuk pembuatan outer. Beberapa jenis outer yang cocok menggunakan outer antara lain: rompi, blazer dan cardigan.

Harga Kain Toyobo

Umumnya, 1 roll kain toyobo memiliki panjang sekitar 40 yard atau 36,5 meter dengan lebar anatara 147-150 cm. Harga kain toyobo bisa bervariasi antara suplier, berkisar antara Rp. 12.000 per meter hingga Rp. 50.000 per meter. Jika kamu berencana untuk membuat seragam menggunakan bahan toyobo, pastikan untuk bertanya dan berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya!

Perlu kamu ingat juga bahwa harga bisa bervariasi tergantung dari kualitas, ketersediaan hingga serat yang dipakai!

Perawatan Bahan Kain Toyobo

Meskipun toyobo termasuk kedalam jenis bahan yang kuat dan tahan lama, namun kamu perlu juga untuk melakukan perawatan yang benar. Perawatan yang benar akan membuat kain menjadi lebih awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips perawatan yang bisa kamu coba!

  1. Cuci menggunakan tangan atau mesin cuci dengan menggunakan deterjen yang lembut. Sebisa mungkin, hindari penggunaan deterjen yang mengandung pemutih atau bahan kimia keras lainnya.
  2. Gunakan air suhu dengan 30-40 derajat celcius. jangan gunakan air yang terlalu panas karena dapat merusak serat kain
  3. Jangan rendam kain terlalu lama. Maksimal 30 menit
  4. Hindari menyikat kain karena toyobo memiliki tekstur yang halus dan lembut. Menyikat terlalu keras dapat merusak serat kain.
  5. Hindari menggunakan mesin pengering karena dapat mebuat kain mudah menyusut atau mengkerut.
  6. Jemur pada tempat yang teduh.
  7. Simpan pada tempat yang kering dan teduh. Hindari menyimpan pakaian pada tempat yang lembab karena dapat memicu timbulnya jamur.

Cara Membedakan Kain Toyobo Yang Asli Dengan Kain Toyobo KW

Karena kepopulerannya, kamu mungkin akan banyak menemui banyak jenis kain tiruan yang beredar di pasaran. Nah, biar tidak salah pilih, berikut kami berikan beberap tips cara membedakan toyobo yang asli dengan yang paslu.

PropertiToyobo AsliToyobo KW
WarnaWarna lebih cerah dan mengkilat serta tidak gampang pudarWarna gampang pudar dan kurang bagus
Tekstur KainKain lebih halus, tidak mudah kusut dan nyaman digunakanTekstur kain lebih kasar dan mudah kusut.
HargaLebih mahal ketimbangHarga jauh lebih terjangkau dari Toyobo KW
LabelKain toyobo yang asli biasanya memiliki label atau cap yang jelas dan rapi.Cap kurang rapi dan tidak terlihat jelas.

Video Perbedaan Toyobu Fodu Dengan Royal Mix

Baca Juga: Bahan Chambray: Alternatif Denim Yang Lebih Adem Dan Elegan