Bahan Chambray: Alternatif Denim Yang Lebih Adem Dan Elegan

Bahan Chambray

Musim panas yang bikin gerah terkadang membuatmu enggan untuk mengenakan jeans denim. Hal ini karena jeans denim cukup berat dan kurang breathable. Untungnya, ada bahan chambray yang cukup ringan, lembut dan nyaman yang bisa menjadi alternatif buat kamu penyuka denim.

Lalu, seperti apa itu kain chambray? Pada kesempatan kali ini kita bakalan membahas secara tuntas mengenai kain chambray. So, Selamat membaca!

Apa Itu Bahan Chambray?

Detail Kain Bahan Chambray

Bahan chambray adalah jensi kain yang terbuat dari serat alami seperti katun, linen atau sutra. Kain chambray dibuat menggunakan teknik tenunan polos dengan benang berwarna pada benang lusi dan benang putih untuk benang pakan. Itulah sebabnya bahan kain chambray memiliki tampilan yang mirip dengan bahan denim, namun dengan tekstur yang lebih lembut dan halus.

Chambray pertama kali dibuat di Canbari, Perancis, pada abad ke-16. Kain ini awalnya digunakan untuk membuat pakaian kerja, seperti kemeja dan celana. Namun, seiring berjalannya waktu, chambray menjadi semakin populer sebagai bahan pakaian fashion.

Ciri Ciri Dan Karakteristik Bahan Chambray

Kain chambray memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tampilan yang mirip denim: Chambray memiliki tampilan yang mirip dengan denim. Warna-warna utama yang digunakan adalah biru dan putih, dengan garis-garis halus atau motif serat yang memberikan kesan tekstur yang menarik.
  2. Ringan dan tipis: Berbeda halnya dengan denim, chambray termasuk ke dalam jenis bahan yang ringan, tipis serta mudah bernapas. Sehingga, lebih cocok untuk pembuatan pakaian musim panas
  3. Konstruksi: Chambray dibuat dengan cara menenun benang biru dan putih, mirip dengan denim. Namun, perbedaan utamanya terletak pada pola tenunnya. Chambray biasanya memiliki pola tenun yang lurus, sementara denim menggunakan pola tenunan twill.
  4. Jumlah benang anatara 150-500
  5. Tidak terlalu rentan terhadap pilling
  6. Tingkat kelenturan yang rendah
  7. Kemampuan menyerap kelembapan yang cukup tinggi

Jenis Jenis Bahan Chambray

Jenis Jenis Bahan Chambray

Bahan Chambray sejatinya hanya memiliki satu jenis saja. Perbedaanya hanya terletak pada bahan baku pembuatannya saja. Berikut adalah beberap jenis kain chambray yang umum kamu temui di pasaran:

  1. Bahan katun chambray: adalah jenis chambray yang paling umum. Kain ini terbuat dari 100% katun dan memiliki tekstur yang lembut dan nyaman untuk dikenakan.
  2. Chambray linen: terbuat dari 100% linen dengan tekstur yang lebih kasar dan kaku ketimbang katun. Umumnya cocok untuk membuat pakaian yang lebih formal.
  3. Chambray campuran (cotton-polyester): Chambray ini terbuat dari campuran benang polyester dan katun yang sudah dikerutkan dan dipress untuk memudahkan perawatan. Kain ini populer untuk digunakan dalam quilting sebagai alas selimut, dan juga merupakan pilihan tepat untuk kemeja dan rok kerja yang murah, tahan lama, dan dapat dicuci.
  4. Cambric: Jenis kain ini memiliki tenunan yang mirip dengan chambray, tetapi lebih ringan dan lebih halus.

Sejarah Terciptanya Bahan Chambray

Sejarah chambray berasal dari abad pertengahan sekitar tahun 1500-an Masehi. Kain ini dulunya bernama “Cambric” atau “kameryk” dalam bahasa Flemish. Cambric ini merujuk pada kain tenun polos ringan yang dibuat di kota Cambrai, Prancis. Berdasarkan beberapa catatan sejarah, kain ini bahkan telah ada sejak tahun 1300 Masehi yang ditemukan oleh seorang penenun bernama Baptiste.

Istilah “cambric” pada awalnya merujuk pada jenis kain linen berwarna putih walaupun ada juga yang terbuat dari sutra. Seiring dengan berjalannya waktu, sebagian besar kain cambric kini menggunakan bahan dasar katun.

Penggunaan pertama kata chambray dalam bahasa Inggris dimulai pada pertengahan abad ke-19, dan seiring berjalannya waktu, istilah “cambric” sudah tidak digunakan lagi, dan kain apa pun yang mengikuti gaya asli yang dikembangkan di Cambrai disebut “chambray.”

Pada awal abad ke-20 di Amerika Serikat, banyak buruh yang mengenakan celana denim dan kemeja chambray, yang kemudian memunculkan istilah “kerah biru”.

Baca Juga: Apa Itu Kain Denim? Mengenal Ciri Ciri Dan Jenis Kain Bahan Denim

Proses Pembuatan Bahan Chambray

Walaupun bahan kain chambray memiliki banyak kemiripan dengan bahan denim, keduanya menggunakan teknik tenun yang berbeda. Pada dasarnya saat menenun kain, kita akan menggunakan dua helai benang yang disebut sebagai benang “lungsin” dan “pakan”. Kedua benang ini akan ditenun sedemikian rupa menggunakan pola tertentu untuk menghasilkan sifat kain yang diinginkan.

Untuk membuat kain chambray, benang lungsin dan benang pakan saling mengisi satu sama lain dalam pola yang bergantian, tetapi dalam produksi denim, benang lungsin melewati dua benang pakan sebelum melewati benang pakan ketiga. Hasilnya, sisi dalam selembar denim lebih ringan daripada sisi luarnya. Namun, dalam kasus chambray, kedua sisi kain ini memiliki warna yang sama.

Seperti halnya denim, benang pakan biasanya berwarna putih atau warna yang lebih terang dari benang lungsin. Hasil dari pendekatan ini adalah keseluruhan kain yang lebih terang daripada warna benang lungsin. Oleh karena itu, sangat mungkin untuk menggunakan benang lungsin berwarna gelap untuk menghasilkan kain yang jauh lebih terang.

Kelebihan Dan Kekurangan Kain Chambray

Kelebihan Chambray

  1. Kain chambray sangat bernapas (breathable), sehingga sangat cocok untuk daerah tropis yang hangat.
  2. Kain chambray memiliki kemampuan menyerap kelembapan dengan baik
  3. Bahan chambray sangat serbaguna, karena dapat dipakai untuk membuat berbagai macam produk pakaian, mulai dari kemeja, celana, rok hingga rompi.
  4. Hanya membutuhkan perawatan yang rendah serta mudah dicuci
  5. Alternatif denim yang lebih lembut dan ringan

Kekurangan Chambray

  1. Kain ini mudah kusut sehingga membutuhkan penyetrikaan lebih sering
  2. Chambray termasuk jenis bahan yang mudah lentur
  3. Bahan chambray tidak kuat dan tahan lama seperti denim
  4. Chambray meskipun kokoh namun kurang kaku ketimbang denim, sehingga mungkin kurang cocok untuk proyek pembuatan pakaian yang membutuhkan struktur yang lebih keras.

Perbedaan Kain Denim Dan Chambray

Perbedaan Chambray Vs Denim

Walaupun secara visual keduanya terlihat mirip, ada begitu banyak perbedaan antara bahan chambray dengan bahan denim. Karena perbedaan dalam teknik menenun, bagian bawah chambray sangat mirip dengan bagian muka. Sementara itu, bagian bawah denim biasanya bewarna putih dan berbeda dengan warna kain pada bagian permukaannya.

Agar lebih jelas, kami telah menyiapkan tabel perbedaannya yang bisa kamu lihat di bawah:

PropertiChambrayDenim
Jenis tenunanPlain / PolosTwill
BeratRinganTebal dan berat
TeksturLebih halus dan lembutTerasa kasar saat disentuh dan lebih kaku
Jenis seratkatun, linen, campurankatun, campuran
Gaya fashionKasual, semi-formalKasual, formal
Warna BahanSecara umum bahan denim kebanyakan berwarna biru tua atau IndigoBerwarna biru muda atau aneka warna
Tabel Perbedaan Bahan Chambray Vs Denim

Penggunaan Bahan Chambray

Chambray biasanya dipakai sebagai pengganti denim yang lebih murah dan juga lebih ringan. Ini sangat cocok buat kamu yang menyukai tampilan denim tapi gak suka dengan bahannya yang terlalu berat.

1. Kemeja

Kemeja Chambray

Kemeja chambray adalah salah satu penggunaan bahan chambray yang paling populer. Baju kemeja ini memiliki tampilan yang kasual dan stylish, sehingga cocok dipakai untuk berbagai acara. Kamu juga bisa memadukannya dengan outfit apapun seperti celana pendek, celana chino, ataupun celana jeans.

2. Celana

Celana Chambray

Selain kemeja, chambray juga populer untuk membuat celana. Celana chambray yang paling umum kamu jumpai biasanya berjenis chinos, high-waist, celana pendek dan banyak lagi. Celana ini cocok untuk suasana santai dan memberikan tampilan yang lebih ringan daripada denim.

3. Rok

Rok Chambray

Rok chambray adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang memilih tampilan lebih feminin dan stylish. Kamu bisa memadukan rok ini dengan berbagai macam atasan, seperti kemeja, kaus, ataupun sweater.

4. Gaun

Gaun Chambray

Secara umum bahan chambray bisa dipakai untuk membuat berbagai jenis pakaian. Tentu saja salah satu jenis pakaian yang paling poluler menggunakan bahan kain chambray adalah dress/gaun. Untuk kamu yang mencari inspirasi outfit musim panas menggunakan denim, cobalah untuk beralih menggunakan dress chambray!

5. Aksesori

Topi Chambray

Selain pakaian utama, chambray juga digunakan dalam pembuatan aksesori seperti topi, tas, dan syal. Aksesori berbahan chambray dapat memberikan sentuhan yang trendi dan santai pada penampilan.

Harga Kain Chambray

Harga bahan chambray dapat bervariasi tergantung pada jenis bahan, berat, dan kualitas. Kain chambray yang lebih ringan biasanya memiliki harga lebih murah daripada chambray yang lebih berat. Sama halnya dengan jenis kain lainnya, kualitas chambray juga dapat menentukan harga kain chambray.

Harga bahan chambray yang kami berikan di bawah adalah harga yang berlaku pada tanggal 26 Desember 2023 dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung pada kondisi pasar.

Jenis bahanBerat (ons/yard persegi)Harga per meter (Rp)Sumber referensi
Chambray katun6-8Rp15.000-Rp20.000Tokopedia, Shopee, Lazada
Chambray linen9-12Rp25.000-Rp30.000Tokopedia, Shopee, Lazada
Chambray campuran10-15Rp20.000-Rp25.000Tokopedia, Shopee, Lazada
Tabel Harga Kain Chambray

Tips Merawat Pakaian Berbahan Chambray

  1. Cuci dengan tangan: Chambray adalah kain yang terbuat dari serat alami, seperti katun atau linen yang cenderung mudah menyusut. Oleh karena itu, sebaiknya cuci pakaian yang terbuat dari chambray dengan tangan menggunakan air dingin dan deterjen lembut.
  2. Hindari menggunakan pemutih: Pemutih dapat merusak serat chambray. Oleh karena itu, hindari menggunakan pemutih saat mencuci chambray.
  3. Jemur pada tempat yang teduh: Chambray juga rentan terhadap sinar matahari. Sinar matahari dapat membuat warna pada pakaian chambray memudar. Oleh karena itu, sebaiknya jemur pakaian pada tempat yang teduh.
  4. Setrika dengan suhu sedang: Karena kain chambray mudah kusut. Oleh karena itu, perlu disetrika secara rutin. Pakailah suhu setrika yang pas untuk katun atau gunakan suhu sedang saat menyetrika pakaian berbahan chambray

FAQ

Apakah bahan chambray bisa menyusut?

Bisa, apalagi jika chambray terbuat dari bahan katun. Untuk itu pastikan mencuci chambray menggunakan air dingin dan hindari menggunakan mesin cuci

Apakah pakaian yang terbuat dari bahan chambray mudah kusut?

Ya, pakaian yang terbuat dari chambray sangat rentan untuk kusut. Untuk itu kamu mungkin harus sering menyetrikanya sebelum dipakai.

Pingin Bikin Jaket Jeans Denim Yang Keren? Buat Disini!

Banner Bikin jaket Jeans Custom

Artikel Terkait: Mengenal Apa Itu Bahan Drill Dan Karakteristiknya