Mengenal Apa Itu Bahan Drill Dan Karakteristiknya

Mengenal Bahan Drill

Apa Itu Bahan Kain Drill?

Bahan drill adalah jenis kain yang memiliki ciri berupa tekstur pintalan benang miring atau diagonal dan cukup kuat. Kain drill umumnya terbuat dari 100% katun murni. Namun begitu, ada juga yang terbuat dari bahan campuran katun dengan polyester atau serat sintetis lainnya. Biasanya kain drill digunakan untuk membuat seragam kerja seperti PDH/PDL, kemeja, jas almamater, pakaian seragam TNI dan Polri, wearpack, pakaian outdoor, dll.

Drill adalah kata yang berasal dari Bahasa Jerman “drillich” yang berarti tiga ulir atau tiga benang.

Sejarah Bahan Drill

Pada awalnya kain drill dipakai untuk membuat seragam tentara Inggris di India. Seragam ini terkenal dengan sebutan Khaki Drill (KD). Tahukah kamu, bahwa kata khaki berasal dari Bahasa India “khaki” yang artinya “warna dari debu”. Sekitar tahun 1840 akhir, prajurit pasukan India menggunakan  pakaian dengan warna “khaki” ketika berjaga di perbatasan. Hal ini untuk membuat mereka tidak terlihat oleh musuh karena wilayah tersebut penuh dengan debu. Sejak saat itu, istilah warna khaki dan Bahan Drill menjadi populer dan sering digunakan.

Seragam Polisi India Warna Khaki

Setelah perang berakhir, pakaian ini masih sering dipakai oleh beberapa tentara untuk aktivitas sehari hari. Seiring berjalannya waktu, trend pakaian dengan bahan kain drill mulai bergeser dan mulai dilirik oleh para desainer baju untuk membuat baju.

Ciri Ciri dan Karakteristik Kain Drill

Untuk bisa mengenali seperti apa itu kain drill, maka kamu harus mengetahui ciri cirinya terlebih dahulu. Berikut adalah ciri dan karaktersitik dari bahan kain drill:

  • Memiliki tekstur pintalan benang yang jukia dilihat berupa garis-garis miring atau diagonal.
  • Permukaan kain terasa lembut
  • Kain tidak mudah kusut.
  • Kain drill memiliki jalinan atau tenunan cukup kuat.
  • Bagian depan dan belakang permukaan kain berbeda
  • Mudah menyerap keringat
  • Sejuk jika digunakan

Jenis Jenis Kain Drill

Jika melihat dari ukuran serat pintalan kain drill, jenis kain drill terbagi menjadi tiga macam, yaitu:

  1. Kain Twill Drill, adalah kain drill dengan serat pintalan / gramasi paling kecil
  2. American Drill,  kain drill dengan ukuran serat pintalan sedang/menengah
  3. Japan Drill, adalah bahan drill dengan serat paling tebal dibanding jenis kain drill yang lain

Berikut ini kami jelaskan secara rinci jenis jenis kain drill tersebut. Yuk simak ulasannya!

Twist / Twill Drill

Kain Twill

Bahan Twill atau orang sering menyebutnya dengan Twist Drill adalah bahan kain yang memiliki serat paling kecil diantara jenis kain drill yang lain. Hal ini membuat kain twill mempunyai sifat bahan yang lembut namun juga sulit ditembus oleh air.

Oleh karena itu, banyak dari pabrik konveksi menggunakan kain twist atau twill drill dalam pembuatan pakaian luar ruangan (outdoor) ataupun bahan drill untuk jas seperti jas almamater dan jas komunitas.

American Drill

Bahan American Drill

Kain American Drill mempunyai ukuran serat pintalan yang lebih besar (menengah) jika dibandingkan dengan ukuran serat kain twill drill. Bahan American Drill memiliki material yang tersusun dari campuran katun dan polyester, sehingga membuat bahan American Drill ini kuat sekaligus sejuk ketika menggunakannya.

American Drill biasanya dipakai untuk membuat berbagai macam pakaian seperti kemeja lapangan (PDL), kemeja kantor (PDH), jas almamater, coverall, wearpack, seragam karyawan pabrik, seragam pertambangan, serta seragam pekerja konstruksi dan perkebunan.

Di Indonesia ada beberapa brand tekstil yang memproduksi jenis kain American Drill diantaranya: , Americo Drill, Dan Gan Drill, Castilo Drill dan Verlando American Drill .

Japan Drill

Bahan japan Drill

Bahan Japan Drill mempunyai ukuran serat pintalan benang yang lebih besar ketimbang American Drill dan Twill Drill, sehingga kainnya lebih kuat dan tebal. Kain Japan Drill memiliki komposisi katun yang lebih tinggi, hal inilha yang menyebabkan harganya menjadi cukup mahal.

Walaupun tebal, kain jenis Japan Drill tetap terasa dingin dan nyaman digunakan. Selain itu, daya serap keringat pada bahan ini lebih baik karena komposisi katun yang tinggi, sehingga direkomendasikan untuk dijadikan bahan seragam lapangan.

Namun begitu, bahan tekstil dengan kandungan katun yang tinggi tidak direkomendasikan untuk digunakan pada tempat kerja yang rawan api karena bahan ini lebih mudah terbakar.

Beberapa merek japan drill yang terkenal diantaranya: Taipan Drill, Nagata Japan Drill, Verlando Japan Drill, Namura Japan Drill, dan Hisofy Drill.

Twist / Twill Drill

Bahan Twill Drill

Kain twist drill atau sering disebut dengan twill drill adalah jenis kain drill yang memiliki ukuran serat paling kecil dari kain drill lainnya. Bahan ini memiliki tekstur kain yang unik, karena bahannya yang lembut tapi sulit untuk ditembus oleh air.

Itulah sebabnya bahan kain ini bisanya dipakai untuk membuat pakaian luar ruangan (outdoor) seperti jas almamater, jaket outdoor, dan sebagainya.

Verlando Drill

Bahan Kain Drill Verlando

Verlando Drill adalah jenis kain tropis yang berasal dari Maryland, USA. Kain verlando memiliki tekstur yang kuat dan warna tidak gampang pudar.

Inilah sebabnya bahan verlando sangat cocok untuk membuat kemeja hingga mini pouch. Bahan ini juga nyaman untuk dipakai sehari-hari

Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Kain Drill

Kelebihan Bahan Drill

  • Tingkat ketebalan bervariasi dari menengah hingga tebal
  • Kuat terhadap tarikan, gesekan dan tekanan
  • Awet juga tahan lama
  • Mudah menyerap keringat dan tidak pengap
  • bahan kain dengan hasil tenunan rapat
  • Tidak mudah kusut

Kekurangan Bahan Drill

  • Beberapa jenis drill gampang luntur jika dicuci
  • Bahan drill cukup berat jika basah
  • Mudah terbakar
  • Tidak cocok dijadikan kaos
  • Harga cukup mahal

Harga Bahan Drill

Kain drill biasanya dijual dalam satuan ukuran per meter, satuan berat per kilogram, hingga dijual per roll (gulungan). Harga kain drill bisa berubah-ubah, tergantung kondisi ekonomi dan pasar. Saat ini (April 2021) harga kain drill dijual berkisar antara 27.000 Rupiah hingga 78.000 Rupiah per meter tergantung jenis drill dan kualitas bahannya. Biasanya kamu akan mendapat potongan harga jika membeli kain dalam jumlah besar atau grosir.

Kami sarankan agar kamu datang sendiri ke toko kainnya supaya dapat langsung melihat tekstur dan kualitas kainnya.

Untuk kamu yang bertanya tanya berapa harga kain drill yang ada di pasaran, berikut kami berikan daftar harganya yang kami himpun dari berbagai sumber.

Jenis BahanHarga Kain
Twill DrillRp. 30.000/meter
Kain American DrillRp. 45.000/meter
Twill PolyesterRp. 76.000/yard
Kain Japan Drill AvanaRp. 810.000/roll
Verlando Japan DrillRp. 78.000/yard

Penggunaan Kain Drill Dalam Pembuatan Pakaian

Kain drill telah banyak digunakan untuk berbagai macam pembuatan pakaian, nah berikut adalah jenis pakaiannya:

  • Pakaian Dinas Lapangan (PDL)
  • Seragam kantor atau Pakaian Dinas Harian (PDH)
  • Kemeja kerja (seragam NET TV, Trans TV, dll)
  • Baju koki atau juru masak
  • Seragam TNI dan Polri
  • Seragam pabrik
  • Pakaian pekerja konstruksi dan pertambangan
  • Jaket
  • Jas Almamater
  • Blus wanita
  • Blazer
  • Pakaian safari
  • Rok wanita
  • Celana
  • Blus wanita (Blouse)
  • Jas atau Blazer
  • Celana baggy (Baggy pants)
  • Pembuatan rompi
  • Topi, dan lain-lain
  • Tote bag

Contoh Kemeja Menggunakan Kain Drill

Tips Merawat Kain Drill Agar Tetap Awet

  1. Cucilah menggunakan tangan. Hindari menggunakan sikat karena dapat merusak serat kain
  2. Ketika menyetrika hindari menggunakan suhu yang terlalu panas
  3. Hindari sinar matahari langsung saat menjemur pakaian berbahan drill agar warna tidak cepat luntur
  4. Gantung pakaian drill kamu agar tidak mudah kusut.

FAQ (Pertanyaan Seputar Kain Drill)

Kain drill apa yang cocok untuk membuat jaket?

Bahan drill untuk jaket biasanya menggunakan bahan drill cotton yang mudah menyerap keringat. Sifatnya halus dan nyaman karena memiliki serat katun yang tinggi.

Kain Drill apa yang cocok untuk pembuatan tas?

Bahan drill untuk tas yang cocok adalah Bahan American drill atau japan drill yang cukup tebal. Biasanya bahan ini digunakan untuk pembuatan tas tote bag. Klik Link berikut jika kamu tertarik untuk bikin tote bag

Apakah bahan kain drill yang cocok untuk membuat masker?

Kain drill untuk masker biasanya menggunakan bahan cotton drill yang tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis.

Apakah Bahan Drill bagus ?

Apabila dibandingkan dengan jenis kain lain yang sering digunakan untuk membuat seragam (seperti kain kanvas, katun, tropical, dll.), kain drill termasuk bahan kain yang awet seta tahan lama. Bahan ini termasuk kain yang tidak mudah rusak setelah dipakai dan dicuci berulang kali untuk jangka waktu yang lama

1 roll kain drill berapa meter ?

Untuk bahan american drill, 1 roll biasanya bisa menjadi 35 meter kain drill. Namun bisa lebih atau kurang tergantung jenis dan tingkat ketebalan dan kualitas bahan itu sendiri.

Apa kelebihan dan kekurangan bahan American Drill ?

Kelebihan american drill adalah tingkat ketebalannya medium sehingga cocok digunakan dalam pembuatan berbagai macam seragam ataupun kemeja kerja. Kekurangannya bahannya cukup berat dan harga kainnya lebih mahal ketimbang twist / twill drill.

Apa perbedaan kain drill dan oxford ?

Kain drill memiliki tekstur pintalan benang miring atau diagonal sedangkan kain oxford lebih halus karena pintalan benangnya di buat menyilang sehingga berbentuk seperti titik pixel pada sebuah gambar. Jika di raba, kain oxford terasa lebih halus dan lembut ketimbang kain drill.

Kain Oxford itu apa ?

Kain Oxford adalah jenis kain drill yang terbuat dari katun dengan campuran teteron. Bedanya dengan jenis drill lainnya adalah kain oxford menggunakan benang yang lebih tipis. Untuk info lebih lanjut kamu bisa baca artikel berikut: Mengenal Bahan Kain Oxford, Kelebihan Serta Kekurangannya

Sedang Mencari Tempat Konveksi Kemeja dan Korsa? Cek Disini