Tips Memilih Mesin Jahit Yang Bagus

Tips Memilih Mesin Jahit Yang Bagus Untuk Pemula

Buat kalian yang sedang ingin belajar menjahit sudah tentu pasti membutuhkan yang namanya mesin jahit. Lalu apa macam macam mesin jahit yang bagus untuk pemula. Berikut kami berikan beberapa tips memilih mesin jahit untuk pemula yang bagus dan harganya.

Bagaimana Cara Memilih Mesin Jahit Yang Bagus Untuk Pemula?

Pilih Merk Mesin Jahit Yang Sudah Terkenal

Ada beberapa merk mesin jahit terbaik dan terkenal di dunia yang dapat kamu pilih. Beberapa merk tersebut seperti mesin jahit Singer, Brother, Juki, Butterfly, Bernina dan masih banyak lagi. Pilihlah pengecer dan ritel yang terpercaya saat akan membeli mesin jahit.

Kamu juga bisa memilih untuk membeli merk mesin jahit lokal yang harganya juga cukup terjangkau. Perhatikan juga bahwa beberapa model hanya dijual melalui dealer resmi (dan umumnya mereka menawarkan kelas menjahit dan perbaikan).

Baca Juga: Merk Mesin Jahit Terbaik Dan Populer Di Dunia

Tanyakan Mengenai Garansi

Sebelum membeli mesin jahit ada baiknya jika kamu tanyakan terlebih dahulu garansinya. Kamu bisa tanyakan apa yang termasuk dalam garansi dan apa yang tidak. Umumnya dealer resmi mesin jahit memberikan jaminan garansi 3 bulan, 6 bulan dan bahkan ada yang setahun.

Toko mein jahit terpercaya juga biasanya memiliki service center yang dapat kamu kunjungi apabila mesin jahit kamu mengalami masalah.

Gunakan Jarum Yang Tepat

Jarum yang tumpul atau pemilihan jenis jarum yang salah dapat menekuk dan merusak kain atau mesin. Gantilah jarum kamu setiap kali selesai mengerjakan proyek jahitan atau ketika berganti jenis kain. pastikan untuk selalu menservice mesin jahit kamu minimal 2 tahun sekali agar mesinmu lebih awet.

Periksa Kebijakan Perbaikan

Banyak dealer dan toko yang menawarkan layanan perbaikan. Jika tidak, biasanya mereka akan mengarahkan kamu ke pusat perbaikan atau ke produsennya langsung. Tidak peduli siapa yang melakukan perbaikan, tanyakan tentang waktu penyelesaian, yang dapat bervariasi dari hari hingga minggu.

Ingatlah bahwa perbaikan yang dilakukan oleh teknisi yang tidak resmi dari pabrik dapat membatalkan garansi pabrik. Simpan juga kemasan mesin jahit dan kartu garansi, kalau-kalau mesin perlu dikirim untuk perbaikan.

Perhatikan Fitur Yang Ada Pada Mesin Jahit

Beberapa mesin jahit memiliki fitur ayng tidak ada pada mesin jahit lainnya. Tentu saja kalau berbicara mengenai fitur, mesin jahit elektronik memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan kamu dalam menjahit. Seperti contohnya fitur pengatur panjang dan lebar jahitan, model jahitan hingga pemasuk benang ke jarum secara otomatis.

Jenis Jenis Mesin Jahit Terbaik Untuk Pemula

Tips memilih mesin jahit yang bagus untuk pemula selanjutnya adalah dengan mengenal jenis jenis mesin jahit yang ada. Dengan mengetahui jenis jenis mesin jahit tentunya dapat membantu memudahkanmu dalam proses menjahit.

Mesin jahit umumnya terbagi menjadi dua, yaitu mesin domestik untuk penggunaan rumahan dan mesin industri yang digunakan untuk pabrik dan produksi pakaian. Karena dalam artikel ini kita hanya membahas bagaimana memilih mesin jahit untuk pemula, maka cakupannya hanya terbatas pada jenis mesin jahit yang cocok untuk pemula.

Mesin Jahit Mekanis (Manual)

Mesin Jahit Manual - Singer

Mesin jahit mekanis adalah mesin yang paling dasar dari semua mesin dan bisa berupa treadle atau dioperasikan menggunakan tangan. Kelebihan dari mesin jahit ini adalah ia tidak menggunakan listrik sama sekali.

Cara kerja mesin jahit mekanis adalah dengan mengoperasikan pegangan dan roda pemutar untuk menggerakkan jarum dan membuat jahitan, atau mungkin mesin treadle. Mesin treadle adalah alat manual yang beroperasi dengan cara mengerjakan pelat treadle tepat pada atas lantai. Gerakan treadle dan sabuk karet inilah yang menggerakkan mesin dan jarum jahitan.

Kamu mungkin mengenali beberapa mesin bergaya vintage ini. Mesin-mesin ini sering kali terpasang pada meja dengan mesinnya terbuat dari logam yang tahan lama. Sayangnya, mesin jahit mekanis hanya bisa melakukan jahitan lurus.

Mesin Jahit Elektronik

Mesin Jahit Elektronik - Elna

Mesin Jahit elektronik memiliki banyak pilihan dan keuntungan karena beroperasi secara elektronik. Ada begitu banyak merk mesin jahit elektronik yang bisa kamu pilih dengan menawarkan jahitan serta panjang jahitan yang berbeda.

Tidak seperti mesin jahit manual / mekanis, mesin jahit elektronik dapat membuat jahitan lurus, zigzag hingga jahitan dekoratif. Bahkan ada yang memiliki fitur menjahit lubang kancing.

Jika kamu sering menjahit atau memiliki budget lebih, model elektronik bisa menjadi investasi yang berharga. Hal ini cukup menguntungkan karena dapat mengalihkan banyak pekerjaan menjahit yang membosankan dari tangan kamu ke chip komputer.

Mesin ini menawarkan kontrol touchpad, layar LED, serangkaian presser feet untuk piping dan topstitching. Serta memiliki pengaturan untuk puluhan atau bahkan ratusan jenis jahitan.

Mesin Jahit Portable

Mesin Jahit Portabel - Brother

Seperti namanya, mesin jahit portable adalah mesin jahit mini multifungsi yang dapat kamu bawa kemana-mana. Tidak seperti mesin jahit pada umumnya yang berat dan harus menggunakan meja, mesin jahit mini cukup ringan dan dapat kamu letakkan sesuka hati.

Dengan mesin ini kamu dapat menjahit lebih mudah dan dapat kamu lakukan kapanpun yang kamu mau. Sayangnya, mesin jahit portable tidak cukup kuat untuk menjahit dalam skala besar. Meskipun portabel dan mudah dibawa, mesin ini lebih cocok untuk proyek-proyek kecil dan perbaikan baju.

Sebagian besar mesin-mesin ini tidak cukup kuat untuk mengerjakan proyek yang lebih besar dan menjahit dalam waktu yang lama.

Tips Membeli Mesin Jahit Bekas

Bagi kamu yang punya budget terbatas, kamu masih bisa memiliki mesin jahit dengan membeli yang bekas. Agar tidak salah pilih berikut adalah beberapa tips dalam memilih mesin jahit bekas.

  1. Pilih mesin jahit sesuai dengan kebutuhan.
  2. Lihat bodi mesin jahit. Pilihlah mesin jahit yang terbuat dari logam, karena terbukti lebih awet
  3. Pilih mesin jahit bekas yang rotasinya masih halus (suara mesin jahit tidak terlalu berisik)
  4. Sesuaikan dengan budget dan pastikan harganya masih bisa nego.
  5. Tanyakan berapa lama usia pemakaian mesin jahit. Jangan pilih yang sudah terlalu tua.
  6. Tanyakan apakah ada garansinya.

Merk Mesin Jahit Yang Bagus Untuk Rumah Tangga

Kalau tadi kita sudah membahas tips bagaimana memilih mesin jahit yang bagus untuk pemula. Mungkin ada sebagian dari kamu yang bertanya apa sih merek mesin jahit yang bagus untuk rumah tangga. Berikut adalah beberapa rekomendasinya:

1. Mesin Jahit Singer Klasik 15CD1A

Mesin Jahit Singer Klasik 15CD1A

Ini adalah merek mesin jahit dengan desain vintage yang cocok banget untuk penggunaan rumahan. Kelebihan dari mesin jahit ini adalah kamu mudah dalam mengoperasikannya. Selain itu Mesin jahit Singer klasik dapat beroperasi tanpa menggunakan listrik. Selain merk singer kamu juga bisa memilih mesin jahit vintage sejenis sperti merk mesin jahit Butterfly JA-1

2. Mesin Jahit Butterfly JH5832A (Portable)

Mesin Jahit Butterfly JH5832A

Bagi kalian yang mmembutuhkan mesin jahit untuk rumah tangga dengan harga murah serta memiliki fitur lengkap, maka Butterfly JH5832A ini adalah pilihan terbaik. Mesin jahit yang telah melegenda sejak 100 tahun yang lalu ini terkenal akan kualitasnya yang bagus.

Kamu bisa membuat pola jahitan yang cukup beragam dengan mesin jahit portable ini ketimbang menggunakan mesin jahit klasik yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

3. Mesin Jahit Juki HZL-12Z (Portable)

Mesin Jahit Juki HZL-12Z

Sebagai penjahit rumahan salah satu kendala dalam menggunakan mesin jahit listrik adalah kebutuhan dayanya yang besar. Namun kamu gak perlu khawatir dengan itu semua jika menggunakan mesin jahit Juki ini. Karena daya yang dibutuhkan hanya sebesar 35 watt saja.

Tidak hanya itu saja Juki HZL-12Z termasuk mesin jahit yang bagus untuk rumah tangga karena sifatnya yang portable dan memiliki fitur cukup lengkap. Beberapa fitur ungulannya seperti 6 fungsi jahitan , pengaturan panjang jahitan, Sistem Spool/Bobbins Bawah, Auto Needle Threader (Pemasangan benang otomatis), Ada lampu LED dan 4 langkah membuat lubang kancing.

Oke itu dia tadi beberapa tips memilih mesin jahit yang bagus untuk pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.