Apa Perbedaan Sablon dan Bordir? Mana Yang Harus Kamu Pilih?

Perbedaan Sablon Dan Bordir

Variasi desain pada sebuah baju tidak hanya menjadi pemanis untuk meningkatkan penampilan saja. Tapi, bisa juga berfungsi sebagai bentuk ekspresi ataupun identitas dari pemakainya. Dari sekian banyaknya variasi desain pada baju, salon dan bordir adalah salah satu bentuk variasi yang sangat digemari untuk disematkan pada sebuah pakaian. Lalu, apa sih perbedaan sablon dan bordir ynag harus kamu tahu? Manakah dari keduanya yang harus kamu pilih? Yuk, simak ulasannya!

Apa Itu Sablon?

Sablon Plastisol

Sablon adalah teknik mencetak gambar atau teks pada permukaan datar menggunakan screen sebagai media cetaknya. Teknik ini akan menerapkan tinta pada screen untuk mencetak gambar yang diinginkan. Proses ini biasanya dipakai dalam berbagai industri seperti garment, konveksi, industri percetakan, kertas dan tekstil.

Seiring dengan berkembangnya waktu, teknik sablon mulai mengalami kemajuan dan tidak hanya tergantung pada penggunaan screen sebagai media cetaknya. Kamu bisa menenumkan beragam teknik sablon seperti DTG (Direct to Garment) dan DTF (Direct to Film) yang umum digunakan dalam pembuatan kaos custom.

Baca Juga: Proses Pembuatan Kaos Sablon Manual

Keunggulan Sablon

Dalam penerapan variasi desain baju, sablon masih diminati karena memiliki beberapa keunggulan, seperti:

  • Harga lebih murah: Untuk produksi massal, sablon jauh lebih ekonomis ketimbang metode pencetakan lainnya.
  • Tidak Memiliki batasan warna: Salah satu keunggulan menggunakan sablon adalah metode memungkinkan kamu menggunakan kombinasi warna yang lebih banyak dan beragam. Mulai dari efek gradasi, fotografi ataupun efek grafis lainnya
  • Mudah untuk dipelajari: Teknik mencetak menggunakan sablon atau sablon printing relatif mudah untuk kamu pelajari. Selain itu bahan bahannya relatif terjangkau dan mudah didapatkan.
  • Banyak pilihan desain: Sablon sangat cocok untuk kamu yang menginginkan variasi desain pada baju yang lebih variatif. Kamu bahkan bisa menerapkan logo, teks ataupun gambar yang lebih kompleks dan rumit tanpa harus khawatir akan berbeda hasilnya.
  • Fleksibel: Sablon adalah teknik cetak yang dapat kamu terapkan pada berbagai macam media. Seperti: kertas, kaca, kain, lempengan besi bahkan kayu.

Kekurangan Sablon

Tidak ada yang sempurna, sablon pun memiliki kekurangan seperti:

  • Proses yang rumit: Khusus sablon manual, semakin banyak kombinasi warna yang dibutuhkan maka semakin lama proses pembuatan screennya.
  • Kurang cocok untuk produksi satuan: Sablon manual kurang cocok untuk produksi satuan karena akan memakan biaya yang lebih besar.
  • Rentan rusak: Hasil cetakan sablon ini sangat rentan rusak, pudar ddan mengelipas apabila perawatannya kurang baik.

Apa Itu Bordir?

Apa itu Bordir

Bordir adalah teknik menggambar atau menghias kain atau bahan lainnya menggunakan sulaman benang dan jarum. Selain benang, hiasan bordir juga ada yang memakai media lain seperti manik-manik, payet, mutiara dan lainnya. Teknik bordir dapat dilakukan menggunakan dua cara, yakni secara manual atau menggunakan bantuan komputer.

Penggunaan bordir pada sebuah pakaian tidak berfungsi sebagai hiasan saja tapi juga dapat memperkuat bagian kain yang rawan robek. Selain itu, bordir juga bisa berfungsi untuk menutupi noda atau bagian kain yang rusak.

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis Bordir Dan Pengaplikasiannya Pada Pakaian

Keunggulan Bordir

  • Kuat dan tahan lama: berbeda dengan sablon yang mudah rusak dalam beberapa kali pencucian, bordir sangat tahan lama bahakan jika disikat dan disetrika sekalipun.
  • Proses pengerjaan lebih cepat: Bordir komputer bisa bekerja lebih cepat dan otomatis, sehingga cocok untuk pengerjaan massal.
  • Warna tidak mudah pudar: Salah satu kelebihan bordir adalah warnanya tidak mudah pudar karena terbuat dari jalinan benang yang saling tersusun dengan rapat.

Kekurangan Bordir

  • Harganya mahal: Salah satu kekurangan bordir adalah harga pembuatannya yang cukup mahal karena menggunakan benang.
  • Tidak dapat diterapkan pada semua bahan: Kelemahan bordir lainnya adalah Ia tidak dapat diaplikasikan pada semua jenis kain. Bordir hanya cocok diterpakan pada bahan kain yang tebal dan kuat, jika kain terlalu tipis atau gampang melar bordir sangat tidak kami rekomendasikan.
  • Kurang akurat secara visual: Karena menggunakan sulaman benang, hasil desain terkadang tidak sebagus dan seakurat menggunakan teknik printing seperti sablon. Selain itu, bordir tidak mampu menampilkan gradasi warna dengan baik.
  • Ukuran desain terbatas: Bordir memiliki keterbatasan dalam hal ukuran desain. Desain yang terlalu besar atau rumit akan sulit dibuat dengan baik.

Perbedaan Sablon Dan Bordir, Mana Yang Terbaik?

Setelah mengetahui apa saja perbedaan sablon dan bordir, kamu mungkin bertanya tanya, manakah yang terbaik untuk proyek pembuatan baju kamu? Sebenarnya, bagu dan tidaknya pengaplikasian bordir atau sablon tergantung pada kebutuhan kamu. Untuk itu, berikut kami berikan panduan memilih variasi desain yang tepat untuk baju kamu!

Detail Dan Kompleksitas Desain

Kalau desain baju kamu memiliki detail yang rumit dengan banyak kombinasi warna, gradasi dan efek grafis lainnya, sebaiknya gunakan metode sablon. Sebaliknya kamu bisa gunakan metode bordir jika desain kamu cenderung simpel dan tidak menggunakan banyak warna.

Daya Tahan

Jika kamu menginginkan logo atau desain yang dapat bertahan lama pada baju, terutama jika baju tersebut sering dicuci atau disterika, maka bordir adalah pilihan yang paling baik.

Fleksibilitas Material

Sablon dapat diterapkan pada berbagai jenis kain dan material dengan hasil yang baik, sementara bordir mungkin memiliki keterbatasan pada beberapa jenis kain tertentu. Jika kamu menggunakan bahan yang khusus atau tidak biasa, pastikan kalau bordir cocok untuk bahan tersebut.

Biaya Produksi

Dalam skala besar pembuatan baju dengan desain menggunakan sablon jauh lebih murah ketimbang bordir. Hal ini karena sablon menggunakan tinta serta gampang diterapkan pada semua jenis kain. Bordir memang lebih mahal namun sejalan dengan kualitasnya yang awet dan tahan lama.

Lagi Nyari Tempat Bikin Jaket Murah Berkualitas? Bikin Di Sini!

Banner Bikin Jaket Custom

Ozza Konveksi melayani jasa pembuatan jaket custom murah menggunakan bahan berkualitas yang bisa kamu pilih sendiri sesuai selera. Model jaket yang kami produksi anatara lain: jaket bomber, varsity, parka, jaket coach, jaket jeans, hoodie hingga sweater.

Untuk Informasi dan pemesanan hubungi nomor berikut:

Info Kontak

No. Telp :  0274-4438593
1. Chat WA Admin 1 : 0896-1577-2461
2. Chat WA Admin 2: 0898-9261-771
3. Chat WA Admin 3: 0895-0771-5734
Email : ozzakonveksi@yahoo.com
Alamat : Jl. Depokan II, Peleman RT 32/RW10, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta 55171

Lokasi