Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Ripped Jeans Dan Distressed jeans

Perbedaan Ripped Jeans Dan Distressed Jeans

Distressed Jeans Tidak Sama Dengan Ripped Jeans

Apakah kamu tahu apa perbedaan antara ripped jeans dengan distressed jeans? Kebanyakan orang sering menyamakan kedua istilah ini untuk jeans sobek (belel), padahal keduanya adalah jenis jeans yang sama sekali berbeda.

Nah, kali ini Ozza Konveksi bakalan membahas perbedaan ripped jeans dengan distressed jeans.

Jeans yang usang dan pudar telah menjadi tren mode yang keren selama bertahun tahun. Pakaian ini cukup populer pada pertengahan tahun 80-an ketika band rock menggunakan denim rusak / belel. Secara cepat fashion ini menguasai industri musik dan mode saat itu.

Namun, gaya ini sempat mereda selama awal 90-an dan kemudian kembali muncul saat musik alternatif menjadi populer. Paduan distressed jeans atau ripped jeans dengan kemeja flanel dianggap sebagai pernyataan mode pada saat itu.

Perbedaan Distressed Jeans Dengan Ripped Jeans

Apa Itu Ripped Jeans?

Celan Ripped Jeans

Seperti namanya, ripped jeans adalah jenis jeans yang memiliki robekan atau lubang pada kain denim. Umumnya robekan atau lubang ini terdapat pada bagian lutut atau bagian lainnya pada jeans. tren ini mulai populer pada tahun 80-an saat para musisi rock menggunakan celana jeans ripped ini.

Walaupun kamu bisa dengan mudah membuat jeans robek sendiri setelah melalui pencucian dan menggunakan jeans yang sama dari waktu ke waktu. Pada kenyataannya banyak brand populer yang membuat model celana jeans ripped yang terlihat seperti telah dipakai bertahun tahun.

Apa itu Distressed Jeans?

Celana Distressed Jeans

Distressed jeans memiliki tampilan vintage dan usang. Jeans distressed biasanya terlihat tua dan tampak seperti telah dipakai bertahun tahun. Jeans ini memiliki ciri serat yang mulai memudar dari warna biru menjadi putih serta pada bagian tertentu mulai menipis. Distressed jeans bisa saja memiliki robekan tapi bisa juga tidak.

Distressed jeans umumnya memiliki fitur berjumbai bukan lubang robekan. Jenis jeans ini juga memiliki tampilan yang lebih pudar serta beberapa area yang terlihat putih seta keliman atau jahitan yang berjumbai.

Baca Juga: Sejarah Pre-Washed Jeans (langsung Dari Ahlinya)

Tipe Tipe Kerusakan Pada Distressed Jeans

Biasanya Anda akan melihat tiga jenis kerusakan yang berbeda pada jeans yang sudah usang. Ini termasuk lubang, robekan dan goresan. Model ini juga menjadi pilihan bagi para pecinta jeans

1. Holes (Lubang)

sobekan pada ripped jeans

Tren ripped jeans berlubang memang bakalan gak ada matinya dan gak bakalan lekang oleh zaman. Lubang pada jeans biasanya dimulai pada bagian lutut dan akan semakin membesar dari waktu ke waktu. Bagian jeans yang berlubang tidak boleh lebih lebar dari seluruh lebar kaki dan tingginya tidak boleh lebih dari satu inci setelah kamu berdiri.

Namun begitu, kenyataannya kita sering melihat banyak produsen celana jeans yang memberi fitur robekan terlalu besar pada celana jeans. Alih alih terlihat keren, kamu malah bisa terlihat norak jika memakainya.

2. Shreds (Robekan)

shreded distressed jeans

Shreds adalah tempat dimana kain mulai robek, namun tidak sepenuhnya berlubang, benangnya masih tetap ada dan terlihat. Fitur ini umumnya terdapat pada celana jeans distressed. Untuk jenis celana jeans ini kamu perlu lebih berhati hati dalam mencucinya agar tidak membuat robekan semakin membesar.

3. Scrapes (Goresan)

scrapped distressed jeans

Scrapes adalah lecet atau goresan kecil yang biasanya merupakan tanda pertama keausan pada jeans lama Anda. Umumnya scrapes memiliki ukuran sebesar koin. kamu dapat membiarkan kerusakan ini terjadi secara alami dengan celana jeans favorit kamu, atau membuatnya tampat usang dengan memotong atau merobek bahannya sendiri.

Jenis ini bisa dijadikan pilihan bagi kalian wanita berhijab atau kamu yang menginginkan penampilan lebih tertutup. Goresan yang terdapat pada kain denim ini tidak merobek permukaan jeans sehingga tidak menunjukkan bagian kulit kamu.

Baca Juga: Sejarah Dan Asal Usul Ripped Jeans

Tips Menggunakan Distressed Jeans / Ripped Jeans Agar Penampilanmu Makin Keren

Hanya karena distressed jeans memiliki tampilan yang usang, bukan berarti kamu tidak bisa mendandaninya. Pada dasarnya kamu dapat memadukan distressed jeans kamu dengan outfit apapun. kamu bisa memdaukan celan jeans kamu yang tampak usang tersebut dengan blus mewah, crop top, blazer atau sneaker untuk tampilan kasual. Jadi, kamu bisa memilih gaya apapun dan tambahkan celana ripped jeans / distressed jeans kamu untuk mengikuti tren mode saat ini.

Berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan distressed jeans yang harus kamu coba!

1. Perhatikan Letak Sobekan Pada Ripped Jeans Kamu

Ripped Jeans Outfit Style

Terkadang masih banyak orang yang salah dalam memilih ripped jeans. Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah posisi sobekan pada celana jeans kamu. Umumnya sobeakan atau lubang pada celana jeans terletak pada bagian lutut. Sementara untuk jenis shreded biasanya terletak pada bagian lutut atau paha.

Untuk celana jeans dengan bentuk scrapes biasanya ditempatkan secara acak dan bisa di mana saja karena detailnya yang lebih halus. Goresan yang berada di sekitar saku cukup populer karena memberi kesan bahwa jeans kamu usang secara natural.

Kamu juga harus memperhatikan ukuran celana jeans ripped / distressed jeans kamu dengan panjang kaki kamu. Jika ripped jeans yang kamu pakai terlalu panjang, sobekan yang harusnya berada pada bagian lutut malah jatuh pada betis. Sebaliknya, jika ripped jeans yang kamu pakai terlalu pendek sobekan akan berada pada bagian paha.

2. Perhatikan Jumlah Sobekan Pada celana Jeans Kamu

Ripped Jeans Outfit Style 1

Kamu mungkin bertanya tanya berapa sih jumlah sobekan yang ideal pada ripped jeans kamu? Idealnya jumlah sobekan yang sesuai terdiri dari dua hingga 4 sobekan. Untuk distressed jeans bisa berupa kombinasi antara 2 lubang, satu shred dan satu crape ata kombinasi lain sesuai selera kamu.

Sebaiknya jangan memilih celana jeans dengan jumlah sobekan yang terlalu banyak karena selain terlihat norak juga tidak pas jika dipadukan dengan outfit apapun. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan short jeans untuk memperlihatkan bentuk kaki kamu.

3. Pertimbangkan Fitur Lapisan Furing Pada Distressed Jeans Kamu

Model Ripped Jeans Untuk Hijaber

Kalau kamu adalah tipe orang yang kurang pede dan kurang nyaman dalam memperlihatkan kulit kamu, maka kamu bisa memilih distressed jeans dengan lapisan furing pada bagian dalamnya. Tampilan depannya masih memiliki motif shreded dan scraped namun tidak memperlihatkan kulit karena telah dilapisi furing. Sehingga cocok banget buat kamu yang berhijab dan ingin memakai celana distressed jeans.

4. Perhatikan Jenis Potongan Celana Jeans Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh Kamu

Ripped Skinny Jeans Korean Style

Celana jeans biasanya memiliki bebrbagai model potongan / cutting yang disesuaikan dengan bentuk tubuh penggunanya. Beberapa contoh model celana jeans yang ada di pasaran saat ini seperti: skinny jeans, high waist jeans, short jeans, low rise jeans, flare jeans, straight fit, slim fit dan wide leg.

Kamu bisa pelajari lebih lanjut dengan membaca artikel kami yang berjudul: Macam Macam Celana Jeans Untuk Wanita Dan Pria

Kesimpulan

bagaiama, sekarang kamu sudah tahukan perbedaan antara ripped jeans dengan distressed jeans? Celana distressed jeans merupakan jenis jeans yang dibuat sedemikian rupa hingga telihat usang atau sudah lama dipakai dan bisa memiliki fitur ripped ataupun tidak. Sedangkan ripped jeans dibuat dengan robekan atau lubang pada bagian tertentu, namun tidak harus terlihat usang.

Jeans robek atau tertekan juga dapat digunakan dengan semua jenis pencucian atau pemudaran. Penting juga saat membuat atau membeli distressed jeans untuk memilih jeans dengan jumlah kerusakan yang wajar. Terlalu banyak lubang menganga pada jeans kamu malah bisa bisa membuat penampilanmu makin buruk.

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Celana Jeans Denim Begitu Populer