Cara Menghilangkan Noda Oli Di Baju (100% Terbukti Ampuh)

Cara Menghilangkan Noda Oli Di Baju

Oli merupakan salah satu jenis minyak yang memang cukup merepotkan apabila terkena baju. Kalau kamu merasa pusing, galau, kepala cenat cenut, mual dan kesal karena bingung bagaimana caranya menghilangkan noda oli pada baju. Nah, berikut kami berikan tipsnya buat kamu!

Pertama, Kenali Dulu Bahan Baju Kamu!

Banyak banget artikel di luar sana yang langsung memberikan tips menghilangkan noda oli di baju. Entah itu menggunakan lidah buaya lah, pakai bedak lah, sabun cuci piring lah dan sebagainya. Walaupun itu tidak sepenuhnya salah, alangkah lebih baik kalau kamu kenali dulu jenis bahan baju kamu yang terkena oli tersebut.

Untuk baju yang terbuat dari katun tentu saja akan sedikit lebih sulit menghilangkan noda oli pada baju kamu. Hal ini karena bahan katun memiliki kemampuan menyerap cairan yang cukup baik. Sehingga apabila dibiarkan terlalu lama noda oli akan terserap kedalam serat kain dan akan semakin sulit kamu untuk menghilangkannya.

Beda halnya jika pakaian kamu menggunakan bahan yang licin seperti taslan, polyester, spandeks atau nilon. Kain ini biasanya memiliki tingkat kerapatan pori yang lebih tinggi sehingga lebih mudah dalam membersihkannya. Dalam beberapa kasus, kamu hanya perlu mengelapnya untuk membersihkannya.

Kedua, Seberapa Besar Noda Yang Terkena Pada Baju

Besarnya tumpahan noda juga berpengaruh terhadap hasil akhir. Kalau baju kamu terkena noda oli cukup banyak maka kamu bisa menggunakan kain katun atau wool untuk menyerap kelebihan noda. Jika hanya terkena percikan noda saja, kamu bisa langsung menerapkan tips dibawah.

Noda yang baru dengan yang lama juga memiliki treatment yang berbeda. Alangkah baiknya jika kamu segera mencuci baju kamu yang terkena noda dan jangan biarkan terlalu lama.

6 Tips Ampuh Menghilangkan Noda Oli Pada Baju Kamu

Kalau kamu sudah tahu jenis bahan dari baju kamu, nah kali ini admin kasih beberapa tips yang cukup berguna untuk menghilangkan noda oli pada baju kamu.

1. Menghilangkan Noda Oli Menggunakan Teknik Blotting

Menghilangkan noda oli di baju

Kalau baju kamu terkena noda oli yang cukup banyak tentu saja kamu perlu berhati hati dalam membersihkannya. Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah menghilangkan minyak yang berlebih. Yang kamu perlukan adalah kain kering untuk menghilangkan noda. Namun sebelum itu ada baiknya kalau kamu membaca label perawatan pakaian yang ada pada baju kamu.

Carilah bahan yang memiliki daya serap paling tinggi, seperti handuk, kaos katun dan sebagainya. Letakkan bahan tersebut di atas noda dan biarkan ia menyerap kelebihan cairan tersebut. Ulangi beberapa kali hingga minyaknya banyak yang menghilang.

Cara ini bisa kamu lakukan pada bahan baju yang memiliki permukaan licin seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda berlebih dari baju katun kamu kok.

2. Menghilangkan Noda Oli Motor dari Pakaian Dengan Teknik Presoaking

Merendam Cucian Baju

Teknik presoaking? Apalagi itu? Presoak adalah proses perendaman / pra pencucian dimana pakaian diberi enzim khusus untuk memecah noda protein seperti darah, noda minyak ataupun susu formula. Pra-prendaman dapat membantu noda menghilang dengan lebih mudah.

Yang harus kamu lakukan adalah Mengisi mesin cuci, ember atau bak mandi anda dengan air hangat, lalu tambahkan detergent. Biarkan pakaian kamu terendam semalaman untuk hasil yang lebih optimal.

3. Menggunakan Cairan WD 40

Cairan WD-40 Untuk Menghilangkan Noda Oli Pada Baju

Semprotan WD 40 sudah terbukti keampuhannya untuk menghilangkan kotoran lama pada mobil, dan bahkan menghilangkan bekas krayon dari dinding atau meja, WD 40 juga tentu saja dapat menghilangkan noda minyak. cairan Ini dirancang untuk memecah ikatan molekul pada perekat, seperti stiker dan bahkan dapat menghilangkan beberapa noda dari pelapis yang paling menyerap.

Berhati-hatilah saat menerapkan WD 40, karena dapat merusak kain yang halus. Gunakan Q-tip untuk menerapkan produk untuk mengurangi dampak pada bahan.

Pada kain yang lebih kuat, seperti jeans, kamu bisa tuangkan satu sendok teh pada noda dan biarkan meresap. Setelah beberapa jam, gosok dengan sabun cuci piring cair atau sabun cuci dengan ibu jari Anda. Setelah itu kamu bisa mencucinya seperti biasa menggunakan mesin cuci.

Oh ya ngomongin soal WD-40 tahukah kamu apa kepanjangan dari WD? WD merupakan singkatan dari Water Displacement. Hal ini karena cairan ini dimaksudkan sebagai pengganti air untuk membersihkan mesin. Sedangkan angka 40 menunjukkan jumlah percobaan yang dilakukan perusahaan sebelum cairan ini terbentuk sempurna.

4. Menggunakan Aloe Vera (Lidah Buaya)

Lidah Buaya Ampuh Menghilangkan Noda Oli Di Baju

Aloe Vera atau yang sering kita sebut sebagai lidah buaya mengandung asam amino yang akan bereaksi terhadap minyak. Solusi ini juga dapat kamu pakai untuk menghilangkan noda lainnya, seperti menghapus bekas krayon pada dinding misalnya.

Oleskan lidah buaya pada oli motor. Gosok dengan sikat gigi, tetapi jangan terlalu keras karena mungkin dapat merusak bahan kain. Biarkan meresap selama satu jam, lalu cuci dengan air hangat atau air panas.

5. Gunakan Shampo Untuk Menghilangkan Noda Oli Pada Baju Kamu

Cara Menghilangkan Noda Oli Di Baju Menggunakan Shampo

Shampo memiliki zat yang disebut surfaktan yang memudahkan sabun untuk menemukan kotoran. Ini juga merupakan penghilang noda yang bagus untuk kain yang lembut.

Dalam jurnal yang ditulis oleh Universitas Purdue kebanyakan oli motor bersifat organik. Itulah sebabnya shampo bisa bekerja padanoda oli. Gunakan campuran tersebut sebagai pra-perawatan pada kain halus dengan mengoleskannya pada noda.

Usapkan sampo pada noda oli menggunakan jari anda, spons, atau handuk. Tunggu beberapa menit sebelum membilas. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga noda hilang sepenuhnya.

6. Cara Menghilangkan Noda Oli Dari Baju Dengan Penghapus Cat Kuku

Cara Menghilangkan Noda Oli Di Baju Menggunakan Penghapus Cat Kuku

Aseton merupakan pelarut organik yang sangat baik. Zat ini bekerja dengan menarik molekul minyak dan mengikatnya, membuat noda menjadi lebih lemah. Jadi ini bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin menghilangkan noda minyak terutam oli dari baju kamu.

Seperti WD 40, aseton adalah bahan yang cukup keras, jadi kamu harus berhati hati dalam mengaplikasikannya pada baju kamu, terutama yang berbahan lembut. Kamu bisa mencobanya terlebih dahulu pada area pakaian yang tidak terlalu mencolok. Jika aman kamu bisa menggunakannya pada area yang terkena noda tadi. Kamu bisa membilasnya setelah sepuluh menit.

Ulangi langkah ini sampai noda benar benar menghilang. Kamu juga bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan noda tersebut.

Kesimpulan

Nah, itu dia tadi beberapa tips dalam menghilangkan noda oli pada baju. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda minyak dan noda lainnya. Kalau kamu punya tips menarik lainnya jangan lupa sertakan dalam kolom komentar ya. Oh ya, kamu juga bisa membaca artikel Tips Mudah Merawat Kaos Kamu Agar Tidak Cepat Rusak agar kaos kamu tetap senantiasa awet seperti baru.

Leave a Comment