Cara Membuka Ritsleting Yang Macet (100% Ampuh)

Cara Membuka Ritsleting Yang Macet

Ritsleting adalah penemuan yang luar biasa dalam industri fashion. Bagaimana tidak? Hampir semua produk pakaian yang kita pakai saat ini tidak terlepas dari penggunaan ritsleting. Namun pernah gak sih kamu merasa kesal ketika akan memakai baju favorit kamu, eh tiba tiba ritsleting-nya malah macet? Tenang, kali ini Ozza bakalan memberikan tips ampuh cara membuka ritsleting yang macet yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Tips Ampuh Memperbaiki Ritsleting Yang Macet

Apa yang harus kamu lakukan jika ritsleting macet dan tidak mau terbuka? Kalau jaket, tas atau celana panjang tidak dapat lagi dibuka atau ditutup, ini tidak hanya menjengkelkan, tetapi kadang-kadang juga sangat tidak nyaman.

Jika ritsleting macet, penting untuk tetap tenang. Karena jika kamu menarik paksa ritsleting yang tersangkut, Kamu mungkin hanya akan memperburuk situasi. Kalau resleting sudah rusak maka tentu saja resleting tidak lagi dapat digunakan sehinga harus kamu ganti dengan yang baru.

1. Periksa Jalur Ritsleting Kamu Dari Kain Yang Tersangkut

Cara Membuka Ritsleting Macet Dari Kain Yang Tersangkut
Kain Yang Tersangkut Pada Ritsleting Adalah Masalah Umum Yang Membuat Resleting Macet

Terkadang resleting kamu berhenti bekerja karena sepotong kain yang tersangkut pada sela sela gigi ritsleting. Jalur tempat resleting yang bergeser ke atas dan ke bawah ini memang rawan banget macet hanya gara gara benang atau kain yang tersangkut.

  • Pertama-tama, periksa ritsleting dengan teliti apakah ada sobekan, lipatan, simpul, kusut atau jenis penyumbatan lainnya.
  • Jika kain yang tersangkut di dalam ritsleting adalah biang keladinya, pegang dengan lembut kain pada bagian luar ritsleting yang paling dekat dengan sumbatan. Kamu bisa menggunakan pinset jika diperlukan.
  • Selanjutnya, tarik kain pada bagian luar ke arah yang berlawanan dengan arah ritsleting kamu (seolah-olah Anda membuka gigi ritsleting). Lakukan dengan hati-hatiagar resleting tidak rusak atau merobek kain.
  • Sambil terus memegang kain yang mengelilingi penghalang, cobalah menggeser ritsleting ke salah satu arah untuk melihat apakah kamu bisa memisahkan ritsleting dari penghalang. Cobalah menggeser ritsleting ke kedua arah untuk melihat apakah gerakan bisa dilakukan.
  • Jika resleting kamu masih tersangkut, lanjutkan ke cara kedua.

2. Gosok Ritsleting dengan Ujung Pensil

Cara Memperbaiki Ritsleting Macet Menggunakan Pensil
Tips Memperbaikin Rsleting Yang Macet Menggunakan Pensil

Grafit dalam timah pensil secara alami adalah pelumas kering yang efektif untuk membuat ritsleting terlepas. Untuk hasil terbaik, gunakan pensil kayu tradisional, bukan versi mekanik, karena lebih mudah untuk memasukkan grafit ke ritsleting.

  • Gosokkan ujung pensil dengan lembut pada kedua sisi gigi ritsleting sampai kamu bisa melihat grafit pada gigi.
  • Cobalah menggeser resleting ke kedua arah dengan gerakan lambat, lembut dan halus. Jangan mencoba untuk memaksa ritsleting, karena hal ini dapat merusak resleting kamu.
  • Cuci tangan dan bersihkan grafit yang tersisa dengan tisu untuk menghindari noda atau kerusakan.
  • Ritsleting masih macet? Jangan menyerah! Ulangi proses ini beberapa kali untuk melihat apakah ritsleting bisa bergerak.
  • Jika cara membuka ritsleting macet ini masih tidak berhasil, maka kamu bisa coba cara selanjutnya!

Baca Juga: Mengenal Macam Macam Resleting Yang Bagus

3. Gunakan Pelumas Untuk Melumasi Ritsleting

Pelumas Ritsleting
Pelumas Ritsleting

Carilah pelumas yang terdapat di sekitar rumah kamu. Pelumas dapat mengurangi gesekan pada resleting serta membantu membersihkan gigi resleting dari penumpukan kotoran. Contoh pelumas rumah tangga yang aman seperti lip balm, sabun batangan, krayon, lilin, pembersih jendela ataupun sabun cuci piring.

  • Oleskan pelumas dalam jumlah yang banyak pada ritsleting dan gigi ritsleting.
  • Jauhkan pelumas agar tidak mengenai kain atau bahan lainnya untuk menghindari kerusakan.
  • Dengan gerakan lambat, lembut dan halus, cobalah untuk menggeser ritsleting ke kedua arah.
  • Jika ritsleting masih tidak mau bergerak, ulangi proses ini.
  • Jika kamu masih tidak dapat membuka ritsleting setelah beberapa kali mencoba, bawalah pakaian kamu ke penjahit untuk mendapatkan bantuan profesional.

Perbaiki Gigi Ritsleting Pakaian Kamu

Zipper Teeth Repair Tool

Kadang-kadang masalahnya ada pada detailnya, dan itu adalah gigi ritsleting yang aus sehingga mengganggu pergerakan ritsleting. Gerigi pada resleting yang tidak mengunci dengan benar dapat mencegah ritsleting menutup dengan benar.

  • Masalah lainnya bisa jadi gigi resleting sudah sangat kasar. Jadi sekali lagi gunakan pensil atau pelumas lain untuk menghaluskan gigi ini.
  • Gosok pensil pada bagian dalam dan luar ritsleting, kemudian tarik perlahan-lahan untuk membuka dan menutupnya. Perhatikan tempat-tempat di mana gigi tidak mencengkeram.
  • Jika kamu menemukan ada gigi ritsleting yang bengkok, kamu bisa meluruskannya dengan hati-hati menggunakan tang berujung jarum.
  • Gunakan gigi ritleting di sekitarnya sebagai panduan dan jangan terlalu kasar agar tidak mematahkannya.
  • Selain itu, pastikan Anda hanya memegang satu gigi pada satu waktu. Jika Anda tidak menggunakan tang hidung jarum, ada risiko tinggi untuk mengerjakan beberapa gigi pada saat yang sama dan dengan demikian semakin merusaknya.
  • Jika kamu melihat bahwa masalahnya adalah seluruh panjang ritsleting, kemungkinan masalahnya bukan pada giginya, tetapi pada bagian slidernya. Ini bisa mengembang seiring waktu dan kemudian tidak lagi menyatukan gigi dengan benar.
  • Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan tang untuk mengompres slide sedikit pada kedua sisi.
  • Lakukan ini dengan lembut dan berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak merusak slide. Dalam kasus terburuk, slide akan terlalu kencang dan kamu tidak bisa lagi menariknya.

Apa Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Berhasil Membuka Resleting Yang Macet?

Bersihkan Pakaian Kamu

Setelah ritsleting Anda bebas, bersihkan area yang dirawat dari sisa pensil atau pelumas dengan larutan sabun lembut pada kain yang dibasahi. Hal ini membantu menghilangkan zat yang diaplikasikan dan membersihkan sisa penumpukan untuk menghindari masalah di masa depan.

Setrika Pakaian Untuk Mencegah Kain Menyumbat Ritsleting

Setelah membersihkan pakaian kamu, cegah masalah lebih lanjut dengan memeriksa pakaian kamu dan potong benang yang longgar. Selanjutnya, setrika kain dari kedua sisi ritsleting untuk memastikan ritsletingnya rata dan kecil kemungkinannya untuk menumpuk pada jalur ritsleting di lain waktu.

Baca Juga: Merk Mesin Jahit Terbaik Dan Populer Di Dunia

Kesimpulan

Oke, semoga tips cara membuka ritsleting yang macet ini bisa membantu sobat Ozza semua. Tips ini sudah kami buktikan sendiri dan terbukti 100% ampuh dalam memperbaiki resleting kamu yang macet. Kalau ritsleting kamu masih juga macet itu artinya reslting kamu harus segera diganti. Kamu bisa menggunakan jasa penjahit profesional untuk membantu mengganti pakaian kamu dengan ritleting yang baru.