5 Cara Merawat Pakaian Spandex

Cara Merawat Pakaian Berbahan Spandex Dengan Mudah

Jika Anda adalah orang yang aktif dan senang berolahraga, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan pakaian spandex. Spandeks populer digunakan dalam pembuatan pakaian aktif dan pakaian olahraga karena bahannya yang elastis, ringan, dan cukup kuat. Agar pakaian spandeks Anda tetap awet, berikut 5 tips cara merawat pakaian spandex yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

1. Pisahkan Pakaian Spandex Dari Pakaian Kasar

Cara Merawat Pakaian Spandex: Pisahkan Bahan Spandeks Dengan Pakaian Lainnya

Karena memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda dari bahan kain pada umumnya, maka perawatan yang diterapkan untuk merawat pakaian berbahan spandek memang terbilang khusus.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat merawat pakaian berbahan spandek adalah memisahkannya dari pakaian berbahan lain, terutama yang bertekstur kasar agar serat-serat lembut pada bahan spandek tidak rusak.

Selain itu, pisahkan pakaian spandek dari pakaian yang berbeda warna, terutama jika kain spandek berwarna lebih terang.

2. Jangan Sikat Pakaian Spandex Anda!

Cara Merawat Pakaian Spandex: Jangan Sikat Bahan Spandeks Kamu

Hal wajib yang harus Anda hindari saat mencuci pakaian spandeks adalah menyikatnya. Ingat meskipun pakaian spandek Anda terkena noda makanan dan lipstik, jangan disikat! Karena jika pakaian berbahan spandek disikat, akan membuatnya berbulu.

Nah, jika pakaian spandeks tidak sengaja terkena noda, sebaiknya oleskan saja sabun cair pada bagian yang terkena noda, lalu rendam pakaian selama lima sampai sepuluh menit, kemudian cuci.

Voila! Noda akan hilang lebih cepat daripada jika Anda menyikatnya. Setelah selesai mencuci, bilas dengan air dingin, jangan mencuci dengan air yang bersuhu di atas 60 derajat Celcius karena dapat merusak detail serat dan membuat pakaian menjadi lebih berbulu.

Artikel Terkait: Cara Memilih Kain Berkualitas Tinggi

3. Hindari Menggunakan Pelembut Dan Pewangi Pakaian

Cara Merawat Pakaian Spandex: Hindari Penggunaan Pelembut Dan Pewangi Pakaian

Selain menggunakan deterjen, pelembut dan pewangi biasanya juga digunakan untuk membuat pakaian menjadi lebih lembut dan harum.

Berbeda dengan bahan pakaian lainnya, penggunaan pelembut dan pewangi untuk pakaian spandek tidak disarankan.

Hal ini dikarenakan penggunaan bahan kimia yang terkandung dalam pewangi dan pelembut dapat mengendap pada pakaian spandek Anda. Sehingga membuat pakaian Anda cepat kusam.

Jadi, jangan gunakan pewangi dan pelembut jika Anda ingin pakaian spandek Anda lebih awet dan tidak mudah kusam.

4. Agar Tidak Melar, Jangan Menggantung dan Memeras Pakaian Spandex Anda

Cara Merawat Pakaian Spandex: Jangan Gantung Pakaian Berbahan Spandeks

Untuk mencegah pakaian spandeks melar, pastikan untuk tidak memeras kain spandeks terlalu keras, dan jangan gunakan mesin pengering!

Karena memeras pakaian berbahan spandek yang terlalu kuat hanya akan membuat kain mudah melar. Akibatnya, pakaian akan menjadi cepat rusak dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Selain itu, untuk menjaga elastisitas pakaian berbahan spandek, sebaiknya jangan menggunakan hanger saat menjemurnya, cukup dibentangkan saja saat menjemur untuk menjaga elastisitasnya.

Karena penggunaan hanger membuat beban air yang terdapat pada serat pakaian menjadi turun, sehingga membuatnya melar. Dan usahakan untuk tidak menjemur pakaian berbahan dasar spandex di bawah sinar matahari langsung.

5. Jangan Menyetrika Pakaian Spandex

Cara Merawat Pakaian Spandeks: Jangan Setrika Pakaian Berbahan Spandeks

Hal yang harus dilakukan untuk merawat pakaian spandex adalah dengan tidak menyetrikanya. Hal ini karena bahan spandek terbuat dari serat sintetis kopolimer polieter-poliurea, yang jika disetrika dengan suhu yang terlalu panas, pakaian bisa kusut bahkan meleleh.

Anda tidak perlu khawatir meskipun pakaian berbahan spandek tidak disetrika. Karena keunggulan utama dari pakaian spandek adalah tidak mudah kusut.

Jika memang kusut, Anda bisa menyetrikanya dengan suhu yang sangat rendah atau menggunakan setrika uap. Selalu lihat label perawatan pakaian Anda untuk mengetahui apakah pakaian spandeks Anda bisa disetrika atau tidak!

Akhir Kata

Oke, itulah beberapa tips cara merawat baju spandek Anda. Dengan perawatan yang tepat, tidak hanya akan membuat pakaian Anda lebih awet tetapi juga membuat Anda nyaman memakainya saat beraktivitas.

Baca Juga: Bahan Lycra – Salah Satu Brand Spandeks Terbaik Dunia