Seperti Apa Itu Warna Khaki?

Seperti Apa Itu Warna Khaki

Apa Itu Warna Khaki?

Apa Itu Warna Khaki

Warna khaki adalah warna coklat yang berkisar antara coklat kekuningan hingga hijau keabu-abuan. Khaki termasuk kedalam salah satu jenis warna netral, sehingga sangat mudah untuk dipadukan dengan warna lainnya. Kata khaki sendiri berasal dari pinjaman bahasa urdu خاکی “berwarna tanah”, yang kemudian pada gilirannya berasal dari bahasa Persia خاک [χɒːk] khāk ‘tanah’ + ی (sufiks atributif kata sifat); kata ini masuk ke dalam bahasa Inggris melalui Angkatan Darat India Britania.

Dalam buku The Complete Color Harmony yang ditulis oleh Leatrice Eiseman, warna khaki merupakan perpaduan antara warna beige dan abu-abu. Kombinasi kedua warna ini menghasilkan warna netral yang mudah untuk berbaur dengan lingkunagn sekitarnya

Warna ini pada dasarnya merupakan warna turunan dari campuran warna dasar seperti cokelat dan hijau dengan kombinasi warna putih atau kuning. Gabungan dari beberapa warna ini akan menghasilkan spektrum warna yang bervariasi tergantung dari proporsi dan instensitasnya.

Baca Juga: Teori Warna Dalam Industri Fashion

Karakteristik Warna Khaki

Dalam psikologi warna, Khaki menunjukkan kepercayaan dan keamanan, dan memiliki kemampuan untuk menyelaraskan semua elemen desain lainnya. Selain itu, warna ini berkaitan erat dengan unsur-unsur alam seperti tanah dan kayu yang berorientasi pada stabilitas, perasaan aman dan tenang. Warna ini juga identik dengan kesederhanaan dan fungsionalitas.

Beberapa warna yang cocok untuk khaki adalah warna putih, biru dan hijau. Selain itu, Khaki cocok dengan seluruh spektrum warna netral.

Berikut ini adalah tabel kode warna dalam berbagai format. Kode warna ini sangat berguna untuk kalian para desainer yang ingin mendesain produk dengan warna khaki.

CODENILAIKODE HTML/CSS
HexF0E68C#F0E68C
RGB240, 230, 140rgb(240, 230, 140)
HSL54.0, 0.8, 0.7, 1.0hsl(54%, 76.92%, 74.51%)
HSV54.0, 0.4, 0.9
CMYK0, 0.04, 0.42, 0.06

Sejarah Penggunaan Warna Khaki

Sejarah Warna Khaki

Penggunaan Awal Warna Khaki Pada Seragam Militer

Penggunaan warna khaki pada seragam pertama kali diperkenalkan oleh Henry Lawrence pada tahun 1846. Pada saat itu, Lawrence yang menjabat sebagai Gubernur Jenderal untuk perbatasan Laut Lahore memerintahkan prajuritnya untuk mengenakan seragam berwarna khaki dengan tujuan kamuflase.

Warna ini pertama kali diadopsi oleh Angkatan Darat India Inggris pada tahun 1846, khususnya oleh Korps Pemandu, sebuah unit yang sebagian besar terdiri dari rekrutan lokal. Pilihan ini sangat strategis, karena warna khaki mampu berpadu dengan lanskap di sekitarnya, terutama untuk daerah berpasir dan berdebu. Sehingga dapat memberikan kemampuan kamuflase selama operasi militer.

Pada tahun 1868, seragam berwarna khaki secara resmi digunakan oleh pasukan Inggris selama Ekspedisi ke Abyssinia, yang menandai awal penggunaan seragam ini secara luas di kalangan militer.

Adopsi dan Evolusi Warna Khaki

Seragam Militer Warna Khaki

Pada tahun tahun selanjutnya, khaki resmi menjadi warna pakaian kampanye kolonial Inggris, yang digunakan secara luas selama konflik seperti Perang Mahdist dan Perang Boer Kedua. Pada tahun 1902, warna ini kemudian dipakai untuk Pakaian Dinas Kontinental Inggris, dengan warna yang lebih gelap dan lebih hijau. Variasi warna ini juga diadopsi oleh tentara di seluruh Kerajaan Inggris dan oleh negara-negara lain, termasuk Angkatan Darat AS.

Saat ini, penggunaannya tidak terbatas pada kalangan militer saja. Warna khaki juga cukup populer dalam dunia mode dan desain interior karena bersifat netral dan menenangkan.

Pesan Jaket Disini

Mengapa Warna Khaki Sangat Populer di Bidang Fashion?

Contoh penggunaan warna khaki dalam industri fashion

1. Fleksibilitas: Khaki termasuk kedalam warna netral dan mudah dipadukan dengan hampir semua warna lain. Sehingga menjadi pilihan sempurna untuk berbagai macam gaya dan acara, baik kasual maupun formal. Kamu bisa memadu padankan outfit khaki dengan pakaian warna netral lainnya seperti hitam, putih abu-abu atau warna-warna cerah untuk menciptakan tampilan yang lebih berani.

2. Serbaguna: Warna ini dapat digunakan untuk berbagai macam pakaian, dari celana dan rok hingga kemeja dan gaun. Kamu juga bisa menemukan aksesoris berwarna khaki, seperti tas, sepatu, dan topi.

3. Warna Khaki Lebih Awet: Warna ini lebih tahan lama dan tidak mudah terlihat kotor, itulah sebabnya para anggota militer serta PNS sering menggunakannya sebagai warna seragam mereka. Khaki juga merupakan pilihan tepat untuk penggunaan sehari-hari karena warnanya yang mudah berbaur dengan spektrum warna lainnya.

3. Kenyamanan: Khaki biasanya terbuat dari bahan yang nyaman dipakai, seperti katun atau linen. Bahan-bahan ini sejuk dan transpirable, sehingga cocok untuk dipakai di cuaca panas.

4. Gaya: Warna Khaki sering diasosiasikan dengan gaya militer dan petualangan. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi orang-orang yang ingin tampil bergaya dan maskulin.

Jenis Jenis Warna Khaki

Jenis Jenis Warna Khaki

Warna khaki memiliki berbagai macam nuansa dan corak yang beragam. Berikut ini adalah beberapa jenis warna khaki yang umum dipakai dalam pembuatan pakaian ataupun produk fashion dan kecantikan lainnya:

  1. Light Khaki: Adalah warna web yang digunakan dalam HTML/CSS. Warna ini telah ditetapkan sebagai khaki dalam buku A Dictionary of Color 1930, standar untuk nomenklatur warna sebelum diperkenalkannya komputer.
  2. Dark Khaki: Warna ini adalah versi yang lebih gelap dari warna khaki. Ini sesuai dengan Dark Khaki dalam nama warna X11
  3. Olive Drab: Ini adalah versi khaki dengan rona warna hijau. Olive drab memberikan kamuflase yang sangat baik di tempat yang memiliki banyak pasir dan debu, seperti daerah gurun pasir. Warna cokelat-hijau ini diadopsi oleh Angkatan Darat AS untuk seragam dinas musim dingin tentara pada tahun 1902 dan tetap digunakan oleh banyak negara selama dua Perang Dunia. Warna ini mirip dengan warna “hijau army” AS
  4. Dust Colored Khaki: Warna khaki bernuansa tanah ini populer di kalangan penjelajah dan petualang pada awal tahun 1900-an. Warna ini juga merupakan warna celana seragam khaki yang dikenakan oleh para tentara Perang Dunia II yang kembali ke kampus
  5. Soil Colored atau Dusty Khaki: Kata khaki berasal dari India dan berarti berwarna tanah atau berdebu. Pada pertengahan tahun 1800-an, para prajurit militer Inggris menggunakan tanah dan teh untuk menodai atau mewarnai pakaian mereka untuk menciptakan warna yang kasar dan kamuflase
  6. Camel Khaki atau Beige Khaki: Saat ini, khaki sering disebut sebagai warna unta atau krem. Warna ini benar-benar universal dan telah mencapai popularitas global.
  7. Shade of gray, Hijau Khaki, atau Coklat Khaki: Khaki kadang digambarkan sebagai warna abu-abu, warna hijau, atau warna coklat. Dari semua itu, warna cokelat mungkin yang paling akurat. Secara historis, warna khaki didefinisikan sebagai warna kecokelatan, dan warna kecokelatan adalah sejenis cokelat muda.
  8. Khaki dengan warna dasar kuning: Selama bertahun-tahun, warna khaki telah sedikit berubah dari warna dasar kuning menjadi sesuatu yang lebih bernuansa hijau, yang dikenal sebagai warna olive drab.

Rekomendasi Kombinasi Warna Khaki Yang Cocok Untuk OOTD Kamu

Buat kamu para pecinta fashion kombinasi warna baju yang tepat, tentu dapat membuat penampilanmu makin menarik! Nah, biar ga penasaran, kami udah nyiapin beberapa contoh rekomendasi mix and match warna khaki yang cocok untuk berbagai acara, ini dia beberapa contohnya!

Khaki Dan Warna Putih

OOTD Kombinasi Warna Khaki Dan Putih

Kombinasi outfit dengan warna warna netral seperti putih dapat membuat outfit khaki terlihat lebih bersih dan santai. Ini juga merupakan kombinasi warna yang tepat untuk tampilan yang lebih profesional. Kamu bisa coba kenakan celan chinos warna khaki dengan kemeja warna putih untuk tampilan smart casual.

Khaki Dan Warna Biru Navy

OOTD Kombinasi Warna Khaki Dan Navy Blue

Warna biru navy adalah kombinasi yang pas untuk dipadukan dengan outfit warna khaki. Baik khaki maupun biru tua adalah warna klasik yang serbaguna dan berkelas. Memadukan keduanya akan menciptakan tampilan yang elegan apabila dipadukan dengan tepat.

Misalnya, blazer biru tua dengan celana chino khaki dan kemeja berkancing sangat cocok untuk acara kasual bisnis, sedangkan kaos biru tua dengan celana pendek khaki bisa menjadi pilihan tepat untuk acara santai.

Baca Juga: Perpaduan Warna Navy Yang Cocok Untuk OOTD Baju Kamu

Khaki Dan Warna Hijau

OOTD Warna Khaki Dan Hijau

Pada dasarnya, khaki memiliki warna dasar hijau yang berasal dari spektrum antara krem dan hijau zaitun. Artinya, secara teori kedua warna ini saling kompatibel satu sama lain. Memadukan keduanya dapat menciptakan tampilan kohesif yang terasa alami dan monokromatik.

Contohnya kamu bisa memasanglan jumpsuit light khaki dengan jaket bahan canvas berwarna hijau gelap untuk tampilan kontras yang lebih sophisticated.

Khaki Dan Warna Kuning

OOTD Khaki Kombinasi Warna Kuning

Kuning, tergantung pada intensitas shadingnya, bisa memberikan tampilan warna yang bagus dengan latar belakang netral pada warna khaki. Hal ini menciptakan pakaian yang menarik secara visual dan tidak terlalu ramai. Baik khaki maupun kuning adalah warna hangat, yang secara inheren menciptakan kesan harmonis pada pakaian. Warna-warna ini bisa membangkitkan nuansa musim panas atau musim semi.

Contohnya, kamu bisa pakaia kaos warna kuning cerah dengan celana panjang khaki serta sepatu boots hitam untuk gaya streetwear yang keren abis.

Baca Juga: Cara Mencocokkan Roda Warna Untuk Pakaian

Kesimpulan

Bagaimana, sekarang kamu sudah paham kan seperti apa itu warna khaki? Intinya warna khaki termasuk ke dalam warna netral yang sangat cocok untuk kamu padu padankan dengan warna lainnya. Tampilannya yang lebih lembut dan profesional membuat khaki sering digunakan sebagai seragam kerja. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu!

Pesan Jaket Disini

Tertarik untuk bikin jaket warna khaki? Buat di sini!

No. Telp :  0274-4438593
1. Chat WA Admin 1 : 0896-1577-2461
2. Chat WA Admin 2: 0898-9261-771
3. Chat WA Admin 3: 0895-0771-5734
Alamat : Jl. Depokan II, Peleman RT 32/RW10, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta 55171