Rekomendasi Pakaian Yang Cocok Untuk Musim Panas Dan Anti Gerah

Rekomendasi Pakaian Yang Cocok Untuk Musim Panas

Musim panas yang menyengat tentu membuatmu berpikir dua kali untuk keluar rumah. Apalagi jika kamu harus melakukan aktivitas cukup berat. Kalau kamu bingung memilih pakaian apa yang cocok untuk musim panas, maka Ozza Konveksi sudah menyiapkan beberapa alternatif pilihannya buat kamu!

Warna Pakaian Yang Cocok Untuk Cuaca Panas

Pakaian musim panas harus terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun dan didesain penuh warna serta nyaman saat cuaca panas.

Warna Putih

Outfit Musim Panas Warna Putih

Putih adalah warna pakaian terbaik untuk musim panas. Hal ini karena pakaian warna putih akan memantulakan sinar matahari dan panas, sehingga membantu kamu tetap sejuk. Menggunakan pakaian berwarna putih dapat membuat kamu terlihat ramping dan lebih percaya diri dengan tampilan kamu.

Selain itu, warna putih juga terlihat bersih dan segar, menjadikannya pilihan populer untuk outfit musim panas.

Pastel

Outfit Musim Panas Warna Pastel

Warna-warna pastel yang lembut seperti merah muda, hijau mint, lavender dan biru muda sangat cocok untuk musim panas. Warna ini bisa memberikan kesan segar, elegan, romantis dan lapang. Namun, penting bagi kamu untuk mengetahui cara memadukan warna pastel dengan benar dan warna apa yang lebih cocok untuk anda.

Apabila menyangkut warna pastel, warna-warna ini memiliki nilai kecerahan yang tinggi tetapi saturasinya rendah, yang berarti warna ini mengandung lebih sedikit warna abu-abu daripada warna lainnya. Karena warna pastel memiliki tingkat saturasi yang lebih rendah, warna ini sering diasosiasikan dengan suasana yang menenangkan dan damai. Warna pastel memiliki tampilan lembut yang menenangkan dan lebih mudah dilihat.

Biru Muda

Outfit Musim Panas Biru Muda

Biru muda termasuk dalam warna baju yang cocok untuk musim panas. Warna-warna ini sejuk, menenangkan dan menarik secara visual dalam cuaca yang hangat. Pakaian biru muda bisa menjadi warna baju yang menarik perhatian tanpa terlihat terlalu berani. Menjadikannya pilihan yang tepat untuk pakaian musim panas yang kasual maupun yang lebih rapi.

Warna biru muda sering dikaitkan dengan ketenangan dan ketenteraman. Mengenakan warna ini dapat membantu kamu merasa lebih rileks dan nyaman, yang sangat bermanfaat selama stres akibat cuaca panas.

Khaki

Outfit Musim Panas Warna Khaki

Warna khaki termasuk dalam warna netral untuk baju yang serbaguna. Tone color yang ringan membuat khaki menjadi pilihan yang cocok untuk hari-hari di musim panas karena memantulkan sinar matahari dan panas, bukan menyerapnya, sehingga membantu kamu tetap sejuk.

Warna khaki merupakan pilihan praktis untuk kegiatan musim panas di luar ruangan seperti hiking, berkemah, atau piknik. Warna ini dapat menyatu dengan alam sekitar dan membantu menyembunyikan kotoran atau noda, sehingga menjadikannya pilihan yang fungsional untuk berpetualang.

Khaki memiliki daya tarik klasik dan abadi yang melampaui tren musiman. Ini adalah warna yang bisa kamu kenakan dari tahun ke tahun, menjadikannya pilihan tepat untuk investasi pakaian musim panas kamu.

Kuning

Outfit Musim Panas Warna Kuning

Kuning adalah warna yang ceria dan penuh semanagat, cocok untuk hari-hari musim panas yang cerah. Warna ini akan membangkitkan perasaan bahagia dan positif, meningkatkan suasana hati kamu dan menyebarkan rasa sukacita.

Jika Anda menghabiskan waktu di bawah sinar matahari dan memiliki kulit yang kecokelatan, warna kuning bisa sangat menyanjung. Warna ini meningkatkan penampilan cahaya matahari, membuat Anda terlihat lebih perunggu dan bercahaya.

Hijau Mint

Outfit Musim Panas Warna Hijau Mint

Hijau mint adalah warna sejuk dan menyegarkan yang langsung mengingatkan kita pada warna laut dan pantai. Sehingga menjadikan warna ini pilihan yang tepat sebagai outfit untuk liburan di tepi pantai. Warna hijau mint dapat membantu kamu berbaur dengan lingkungan samabil mempertahankan penampilan yang modis.

Warna pastelnya yang lembut dapat menciptakan rasa sejuk dan nyaman, sempurna untuk tetap rileks di tengah cuaca panas.

Hijau mint adalah warna sejuk dan menyegarkan yang langsung mengingatkan kita pada warna laut dan pantai. Sehingga menjadikan warna ini pilihan yang tepat sebagai outfit untuk liburan di tepi pantai. Warna hijau mint dapat membantu kamu berbaur dengan lingkungan samabil mempertahankan penampilan yang modis.

Warna pastelnya yang lembut dapat menciptakan rasa sejuk dan nyaman, sempurna untuk tetap rileks di tengah cuaca panas.

Nah, kalau kamu bingung bagaimana cara memadu padankan warna pakaian yang baik kamu bisa cek artikel berikut:

Artikel Terkait: Cara Mencocokkan Roda Warna Untuk Pakaian

Bahan Baju Yang Cocok Untuk Musim Panas

Katun

Bahan Kain Katun

Katun adalah bahan baju terbaik untuk musim panas. Kain ini bernapas, menyerap kelembapan dan membantu menyerap keringat dari tubuh kamu, sehingga membuat kamu tetap sejuk dan kering. Kain katun berkualitas tinggi biasanya tahan lama, tahan terhadap pencucian dan pemakaian yang sering, menjadikannya pilihan praktis untuk pakaian musim panas yang mungkin akan sering kamu gunakan.

Linen

Bahan Kain Linen

Bahan linen termasuk salah satu kain yang bernapas, memungkinkan sirkulasi udara untuk keluar masuk ke dalam pakaian. Sehingga ini akan membuat kamu tetap merasa sejuk dalam cuaca yang panas dan lembab. Tenunan kain linen yang longgar akan memudahkan aliran udara keluar sehingga mencegah kepanasan. Oleh karena itu, kain linen termasuk dalam bahan pakaian yang cocok untuk musim panas.

Sutra

Bahan Sutra

Kebanyakan orang berpikir bahwa sutra tidak cocok untuk pakaian musim panas. Padahal, ini adalah konsepsi yang salah!

Sutra adalah serat alami yang dapat bernapas dan ringan, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk pakaian musim panas. Sutra dapat menyerap kelembapan dan menjauhkan keringat dari kulit, membantu kamu merasa sejuk dan nyaman saat cuaca panas sekalipun.

Bahan sutra juga ramah bagi kulit dan tahan terhadap sinar UV, yang dapat melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar matahari. Pakaian sutra yang longgar adalah pilihan tepat untuk pakaian musim panas yang harus kamu coba!

Rayon

Bahan Rayon Crinkle

Rayon adalah kain yang cocok untuk pakaian musim panas karena merupakan benang yang lebih tipis daripada katun, sehingga cocok untuk pakaian yang lembut dan ringan yang dapat menutupi tubuh dengan baik. Bahan rayon paling baik dikenakan dalam cuaca panas yang kering, karena rayon bukanlah serat alami dan tidak dapat menyerap kelembapan sebaik katun. Pakaian berwarna terang seperti putih, krem, dan pastel tidak menyerap sinar matahari seperti warna gelap, jadi mengenakannya dapat membantu Anda tetap sejuk.

Rayon adalah bahan yang bagus untuk dipakai di musim panas. Ringan, mudah bernapas, dan memiliki tekstur yang halus. Rayon juga bersifat mendinginkan, yang membuatnya ideal untuk hari-hari di musim panas. Bahan ini bersifat menyerap, yang menjadikannya pilihan tepat untuk cuaca panas dan lembab. Rayon adalah salah satu kain yang paling nyaman untuk pakaian musim panas. Rayon juga lebih murah daripada katun dan sedikit lebih tahan kusut.

Chambray

Bahan kain cotton chambray

Chambray adalah kain tenun ringan yang sering digunakan dalam pakaian, terutama untuk kemeja, gaun, dan pakaian musim panas yang kasual. Tampilannya sangat mirip dengan denim, namun biasanya lebih ringan dan memiliki tekstur yang lebih santai dan kasual.

Chambray adalah kain yang bagus untuk pakaian musim panas. Hal ini karena chambray terbuat dari tenunan katun yang lebih halus dan lebih ringan ketimbang kain denim sehingga lebih bernapas. Buat kamu yang merasa gerah memakai denim di musim panas, chmbray adalah alternatifnya!

Seersucker

Bahan Seersucker

Seersucker adalah kain tipis dan berkerut yang terbuat dari katun. Ciri khas dari kain ini adalah teksturnya yang bergaris-garis atau kotak kotak yang digunakan untuk membuat pakaian musim panas. kata seersucker berasal dari bahasa persia شیر shîr dan شکر shakar, yang secara harfiah berarti “susu dan gula”, dari tekstur berpasir (“gula”) pada kain yang halus (“susu”).

Seersucker ditenun sedemikian rupa sehingga beberapa benang saling bergerombol, memberikan tampilan kain yang berkerut atau berkerut. Efek ini sering kali dicapai selama menenun dengan benang lungsin untuk pita berkerut yang diumpankan pada kecepatan yang lebih besar daripada benang lungsin dari garis-garis halus. Ketidakrataan ini menyebabkan kain sebagian besar tertahan dari kulit dan tidak menempel pada kulit saat basah oleh keringat, sehingga memudahkan pembuangan panas dan sirkulasi udara.

Jenis Pakaian Yang Cocok Di Musim Panas

Pakaian yang cocok dipakai ketika musim panas adalah pakaian yang mudah menyerap keringat serta mudah bernapas. Nah, berikut adalah beberapa contoh model bajunya!

1. Kaos / T-Shirt

Kaos Pakaian Yang Cocok Untuk Musim  Panas

T-shirt atau sering kita sebut dengan kaos adalah jenis pakaian terbaik yang sangat cocok untuk kamu pakaia di musim panas. Pilihlah kaos dengan bahan yang tipis dan menyerap keringat seperti cotton combed atau cotton bamboo karena kedua bahan ini cukup efektif dalam menyerap keringat dengan baik.

Beberapa model kaos yang bisa kamu coba antara lain: kaos polo, raglan, jersey, crop top dan baby tee.

Banner Bikin Kaos

2. Kaos Oversize

Kaos Oversize - Pakaian Yang Cocok Untuk Musim Panas
Contoh Kaos Oversize Dari Beslow Yang Sangat Cocok Untuk Musim Panas

Tampilan kaos oversize yang longgar tidak hanya terlihat bergaya dan ngetren, namun lebih dari itu, kaos oversize mampu memberikan ruang gerak lebih leluasa. Sehingga sirkulasi udara lebih bebas keluar masuk tubuh kamu dengan baik. Kaos oversize sangat cocok untuk kamu pakai di musim panas

3. Kaos Tanpa Lengan (Tank top)

Tank Top Pakaian Yang Cocok Untuk Musim Panas

Tank top adalah pakaian untuk musim panas selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan! Tank top, juga dikenal sebagai kaos tanpa lengan atau singlet, adalah jenis pakaian yang biasanya dikenakan sebagai pakaian bagian atas tubuh. Pakaian ini ditandai dengan tidak adanya lengan dan dirancang untuk menutupi tubuh sambil membiarkan lengan telanjang. Tank top sering kali terbuat dari bahan yang ringan dan bernapas seperti katun, jersey, atau poliester, sehingga menjadi pilihan populer saat cuaca panas atau kegiatan atletik.

Saat ini tank top tersedia dalam berbagai gaya dan dapat dikenakan oleh semua jenis kelamin. Tank top biasanya digunakan sebagai pakaian kasual, pakaian olahraga, atau sebagai kaos dalam di bawah pakaian lainnya.

Nama “tank top” diyakini berasal dari awal abad ke-20 ketika pertama kali dikenakan oleh para atlet yang berpartisipasi dalam acara renang di tangki atau kolam renang. Seiring berjalannya waktu, tank top menjadi item pakaian serbaguna dan modis yang cocok untuk gaya kasual.

4. Celana Pendek (Shorts)

Celana Pendek Cocok Untuk Musim Panas

Celana pendek adalah jenis pakaian yang dirancang untuk menutupi bagian bawah tubuh, khususnya pinggul, bokong, dan paha bagian atas, namun tetap membiarkan bagian kaki terbuka. Biasanya celana pendek dikenakan saat cuaca panas untuk menjaga agar pemakainya tetap sejuk dan nyaman.

Ada banyak varisi dari celana pendek mulai dari hot pants, denim shorts, celana bermuda hingga celana pendek atletik. Celana pendek sangat cocok untuk kegiatan santai sehari-hari, selama kegiatan di luar urangan seperti di pantai, olahraga atau sekedar bersantai di rumah.

5. Kemeja Chambray

Kemeja Chambray Pakaian Untuk Musim Panas

Buat kamu yang suka denim tapi gak mau kepanasan saat musim panas tiba, maka chambray adalah solusinya! Kemeja chambray memiliki konstruksi kain yang mirip denim namun lebih tipis dan lebih bernapas ketimbang denim. Ini adalah solusi yang pas karena kamu bisa memadu padankan kemeja chambray kamu dengan outfit musim panas lainnya.

6. Topi Trucker

Trucker Hat Summer Outfit

Topi trucker adalah jenis topi yang mirip dengan topi bisbol pada umumnya. Perbedaannya terletak pada mesh atau jaring pada bagian belakang topi sehingga memungkinkan sirkulasi udara lebih leluasa keluar masuk kulit kepala kamu. Topi trucker sangat cocok untuk kamu pakai saat cuaca panas dan aktivitas luar ruangan.

7. Celana Chinos

Celana Chinos Pakaian Musim Panas

Celana chinos adalah gaya celana kasual yang terbuat dari katun twill ringan untuk memberikan tekstru yang halus dan nyaman. Chinos cukup serbaguna karena dapat kamu pakai dalam berbagai suasana, mulai dari kasual hingga semi formal.

Keunggulan lain dari chinos adalah celana ini cocok untuk berbagai musim, kamu bisa mengenakannya dengan kemeja yang ringan saat cuaca panas atau melapisinya dengan sweater atau jaket saat musim dingin.

8. Shacket

Shacket Pria Dan Wanita

“Shacket” adalah pakaian hibrida yang menggabungkan elemen kemeja dan jaket. Pakaian ini seperti kemeja dan lebih tebal dan berat ketimbang kemeja biasa, namun lebih ringan ketimbang jaket tradisional. Nama shacket sendiri diambil dari gabungan dua kata “shirt” dan “jacket”.

Shacket biasanya memiliki penutup depan dengan kancing yang mirip dengan kemeja. Hal ini memungkinkan untuk mudah dibuka-tutup untuk berbagai tingkat kehangatan dan cakupan yang bervariasi.

9. Kemeja Flanel

Kemeja Flanel Pakaian Yang Cocok Untuk Musim Panas

Kemeja flanel adalah jenis kemeja yang terbuat dari flanel. Kain flanel umumnya terbuat dari wool atau katun tebal dengan permukaan yang disikat sehingga menciptakan tekstur permuakaan yang kasar. Namun, dalam konteks pakaian musim panas, kemeja flanel yang kami maksud adalah kemeja dengan pola kotak kotak yang umumnya dipakai sebagai outer untuk musim panas.

Kamu bisa memadukan kemeja flanel sebagai outer sebagai pengganti jaket dan menggunakan dalaman kaos yang lebih ringan dan lebih adem.

10. Celana Cargo

Cargo Pants Pakaian Untuk Musim Panas

Kalau kamu bingung memilih pakaian yang cocok dipakai saat musim panas tiba, maka pilihlah celana cargo! Celana cargo adalah jenis celana multifungsi yang bisa kamu pakai di semua kondisi. Ini sangat cocok buat kamu yang senang berpetualang atau kegiatan outdoor lainnya, karena celana ini dilengakapi dengan banyak kantung untuk menyimpan perlengkapan penting saat kamu berada di uar ruangan.

Selain itu, kebanyakan celana cargo terbuat dari bahan katun atau drill yang cukup bernapas dan mudah menyerap keringat. Sehingga kamu bisa lebih bebas beraktivitas saat cuaca sedang panas-panasnya.

Tips Memakai Pakaian Saat Musim Panas Biar Anti Gerah

  1. Kenakan pakaian berwarna terang. Pilihlah warna-warna terang dan gaun putih serta kemeja berkancing, yang memantulkan, bukan menyerap, sinar matahari.
  2. Pilihlah baju tanpa lengan atau lengan yang longgar untuk pakaian musim panas kamu. lengan yang longgar ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan aliran udara sebanyak mungkin.
  3. Jauhi pakaian ketat. Pakaian yang longgar adalah pilihan terbaik untuk tetap sejuk di musim panas. Pilihlah celana pendek, celana panjang, kemeja longgar, kaos oversize, serta gaun dan rok yang memiliki ruang untuk bernapas.
  4. Pilih baju dengan bahan kain yang bernapas dan mudah menyerap keringat. Pertimbangkan juga bahan pakaian yang mudah kering.
  5. Jangan berlebihan dalam memakai aksesoris, aksesoris seperti jam, gelang, kalung atau kacamata bisa menimbulakn efek belang jika kamu tidak menggunakan sunblock

Kesimpulan

Bagaimana? Sekarang kamu sudah tahu kan, apa saja jenis jenis pakaian yang cocok untuk musim panas? Tentunya, dengan mengenakan pakaian yang tepat, kamu bakalan lebih bebas beraktivitas tanpa hambatan.

Artikel Terkait: 10 Bahan Pakaian Yang Menyerap Keringat (Cocok Untuk Cuaca Panas)