Macam Macam Jenis Saku Pada Pakaian Yang Harus Kamu Tahu

Macam Macam Saku

Saku pada pakaian memang sudah seperti menjadi bagian wajib yang harus ada pada sebuah pakaian. Kegunaannya juga cukup beragam mulai dari menyimpan barang hingga sekedar pemanis tampilan sebuah pakaian. Buat kalian yang lagi pingin belajar menjahit, sebaiknya kenali dulu berbagai macam macam jenis saku yang sering dipakai dalam industri garmen.

Mengenal Apa Itu Saku?

Saku adalah bagian dari pakaian yang berfungsi untuk menaruh benda benda kecil seperti uang, ponsel, kunci dan benda kecil lainnya. Pada awalnya saku digunakan sebagai kantong atau tas kecil yang terpisah dari pakaian yang biasanya tergantung pada bagian pinggang. Seiring berkembangangnya jaman, saku kemudian menjadi bagian untuh yang tak terpisahkan dari pakaian atau celana.

Macam Macam Jenis Saku

Bentuk saku sangat bervariasi tergantung dari fungsi serta keseuaian dengan outfitnya. Saku juga bisa terletak pada bagian dalam atau luar pakaian dan berfungsi sebagai kantong atau hanya sebagai hiasan.

Sejarah Penggunaan Saku

Konsep penggunaan saku sebenarnya sudah ada sejak zaman kuno. Sebelum saku diintegrasikan ke dalam pakaian, orang-orang menggunakan kantong dan tas untuk membawa barang-barang mereka. Bentuk awal kantong ini sering diikatkan di pinggang atau disampirkan pada bagian bahu.

Orang Mesir kuno, misalnya, menggunakan kantong kecil untuk menyimpan barang-barang pribadi seperti perkakas, makanan, dan kosmetik. Kantung-kantung ini biasanya terbuat dari bahan linen atau kulit dan merupakan cikal bakal kantong modern.

Konsep saku mulai mengalami perkembangan siring dengan perkembangan mode. Pada abad ke-16, saku mulai dijahit pada pakain pria. Bentuk saku-saku awal ini seringkali berukuran kecil dan tersembunyi di dalam lipatan pakaian. Walupun begitu, pakaian wanita belum mengadopsi bentuk saku ini dan masih menggunakan kantong eksternal yang disembunyikan pada bagian bawah rok yang tebal.

Baca Juga: Macam Macam Benang Dan Kegunaannya

Macam Macam Saku Dan Namanya

1. Saku Tempel (Patch Pocket)

Saku Tempel

Saku tempel adalah jenis saku yang disematkan pada bagian luar sebuah pakaian seperti kaos, jaket, kemeja, blazer hingga celana. Biasanya, saku tempel berada pada bagian depan dada sebelah kiri atau kanan. Ada juga yang teletak pada bagian celana dan rok pada bagian samping atu belakang celana.

Model saku ini terdiri dari potongan kain yang dijahit langsung ke bagian luar garmen. Ukurannya juga bervariasi sehingga memungkinkan desain yang lebih fleksibel. Strukturnya yang terbuka membuatnya ideal untuk pakaian sehari-hari, menyediakan tempat penyimpanan yang nyaman untuk barang-barang kecil seperti kunci atau kotak saku.

2. Saku Miring (Slant Pocket)

Saku Miring (Slant Pocket)

Slant pocket, dikenal juga sebagai saku diagonal atau saku miring adalah jenis saku dengan bukaan bersudut miring yang biasanya ada pada celana, jaket dan rok. Slant pocket seringkali dipakai untuk pakaian yang lebih formal atau smart-casual.

3. Saku Kargo (Cargo Pocket)

Saku Kargo

Saku kargo adalah jenis saku yang berukuran besar dengan jumlah banyak, biasanya tersemat pada celana outdoor. Biasanya saku kargo tersemat pada celana ootdoor seperti celana kargo dan pakaian militer. Celana kargo ini cukup populer dikalangan anak muda karena tampilannnya yang street style abis dan mudah dipadu padankan dengan outfit lainnya.

Ukuran saku cargo yang besar memungkinkan kamu untuk meyimpan berbagai barang, sehingga cocok untuk aktivitas outdoor.

4. Saku Kanguru

Saku Kanguru

Seperti namanya, saku ini berbentuk seperti kantung kanguru dan biasanya sering kita temui pada produk jaket hoodie dan sweater. Bentuk saku ini cukup besar untuk memuat kedua tangan kamu dan biasanya terletak pada bagian depan perut.

Meskipun saku kanguru sering dianggap sebagai fitur yang bergaya, namun kamu perlu berhati-hati saat meyimpan barang, karena saku ini memiliki bukaan lebar pada kedua sisinya, yang dapat menyebabkan barang mudah terjatuh.

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis Jahitan Berdasarkan Kelas (Stitch Class)

5. Saku Dalam (In-seam Pocket)

Saku Dalam

Saku dalam adalah jenis saku yang dijahit menyatu ke bagian dalam garmen, sehingga menciptakan tampilan yang lebih ramping dan minimalis. Biasanya saku ini diapakai pada gaun, rok dan beberapa celana panjang.

Model saku ini mampu mempertahankan desain keseluruhan garmen sekaligus menyediakan tempat penyimpanan yang tersembunyi.

6. Flap Pocket

Flap Pocket

Flap pocket adalah jenis saku tempel dengan penutup lidah yang menyembunyikan bukaan saku. Umumnya saku ini tersemat pada kemeja, jaket, jas maupun celana. Nama lain saku klep ini cukup populer karena kamu dapat menyimpan benda tanpa harus khawatir akan terjatuh. Ada berbagai model variasi dari flap pocket, salah satunya adalah model penutup saku dengan menggunakan kancing

7. Kantung Koin Flap (Flap Coin Pockets)

Flap Coin Pocket

Merupakan variasi yang lebih kecil dari flap pocket, kantung kecil ini umumnya tersemat pada bagian atas saku celana jeans kamu. Dahulu kala, kantung kecil ini berfungsi untuk menyimpan emas dan koin yang dipakai oleh para penambang era Gold Rush. Saat ini, kantung ini hanya bersifat estetika untuk menambah kesan vintaga pada celana jeans kamu.

8. Jetted Pocket / Double Welt Pocket

Jetted Pocket

Saku jetted atau besom adalah ciri khas penjahitan yang elegan dan klasik. Umumnya ditemukan pada pakaian formal seperti tuksedo, jas dan jasket, saku ini memiliki celah sempit tanpa flap atau jahitan. Saku ini termasuk ke dalam jenis saku dalam.

9. Saku Ritsleting (Zipper Pocket)

Saku Ritsleting

Saku ritsleting adalah jenis saku yang memiliki ritsleting sebagai penutupnya sehingga membuat kamu lebih merasa aman dalam menyimpan barang-barangmu. Umumya bisa kamu temukan pada jaket, celana dan pakaian olahraga. Saku ini memberikan perlindungan ekstra, sehingga cocok untuk mengamankan barang-barang selama beraktivitas.

Mau Bikin Jaket Dengan Model Saku Custom? Buat Aja Ke Ozza Konveksi!

Banner Bikin Jaket Custom

Bagaimana? Sekarang kamu udah tahukan macam macam saku yang dipakai dalam pembuatan produk pakaian. Kalau kamu sedang mencari tempat bikin jaket yang keren dengan model saku custom, Ozza Konveksi adalah pilihan vendor yang tepat untukmu.

Sebagai vendor jaket terpercaya di Jogja, kami telah dipercaya oleh ribuan klien yang tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Beberapa lini produk jaket yang kami produksi antara lain: jaket varsity, bomber, parka, coach, hoodie, sweater, jaket jeans, jasket hingga jaket trucker. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi nomor kontak berikut:

Kontak

No. Telp :  0274-4438593
1. Chat WA Admin 1 : 0896-1577-2461
2. Chat WA Admin 2: 0898-9261-771
3. Chat WA Admin 3: 0895-0771-5734
Alamat : Jl. Depokan II, Peleman RT 32/RW10, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta 55171

Lokasi