Kain Nomex – Bahan Tahan Api Terbaik Dunia

Kain Nomex Bahan Anti Api Terbaik Di Dunia

Pernahkah kalian berpikir, terbuat dari apakah baju pemadam kebakaran itu? Seperti yang kita tahu, baju pemadam kebakaran di rancang untuk tahn terhadap api. Bahan tahan api pun beragam, mulai dari asbes, aramid hingga kain nomex.

Lalu apa itu kain nomex? Mengapa kain ini begitu populer? Apa yang membedakannya dengan kain tahan api lainnya? Kali ini Ozza bakalan membahaslebih lengkap mengenai bahan Nomex ini.

Apa Itu Kain Nomex?

Gambar Kain Nomex

Nomex adalah bahan tahan api meta-aramid yang dikembangkan pada awal 1960-an oleh DuPont dan pertama kali dipasarkan pada tahun 1967.

Serat Nomex memiliki stabilitas dimensi yang luar biasa dan ketahanan terhadap berbagai pelarut industri dan bahan kimia. Kain yang terbuat dari bahan ini memiliki derajat kristalinitas yang tinggi – yang memengaruhi kekerasan, kepadatan, transparansi, dan difusi material. Bahan ini mendukung pembakaran di udara dan dapat bertahan hingga 370°C (700°F). Di atas level ini, material akan cepat rusak.

Pada akhirnya, kain Nomex memiliki kinerja panas tertinggi dengan sifat tahan api yang sangat baik dan kemampuan yang signifikan untuk mengurangi cedera luka bakar, yang sangat menguntungkan bagi pakaian pelindung petugas pemadam kebakaran.

Nomex Terbuat Dari Apa?

Serat Nomex

Bahan Nomex dan polimer aramid terkait terbuat dari bahan seperti nilon, tetapi memiliki backbone aromatik. Oleh karena itu lebih kaku dan lebih tahan lama. Nomex adalah contoh varian meta dari aramid (Kevlar termasuk salah satu para-aramid).

Tidak seperti Kevlar, untaian Nomex tidak dapat disejajarkan selama polimerisasi filamen dan memiliki kekuatan yang lebih rendah: kekuatan tarik ultimatenya adalah 340 MPa.

Namun, ia memiliki ketahanan termal, kimia, dan radiasi yang sangat baik untuk bahan polimer. Kain ini mampu menahan suhu hingga 370° C.

Sejarah Terciptanya Bahan Nomex

Stephanie Kwolek Dan Herbert Blades Penemu Kevlar dan Nomex

Awal mula terciptanya kain tahan panas ini tidak terlepas dari jasa dua orang ilmuwan dari Dupont, Stephanie Kwolek dan Herbert Blades. Saat itu mereka bekerja di laboratorium penelitian E.I Dupont de Nemours & Company untuk menciptakan serat baru. Hasilnya, pada tahun 1965 terciptalah serat baru dengan teknologi kekuatan yang ditingkatkan, ringan dan sangat fleksibel. Serat ini bernama kevlar

Salah satu penggunaan Kevlar yang paling populer adalah dalam bentuk rompi tahan peluru yang telah diandalkan oleh petugas polisi selama lebih dari 25 tahun. Atribut terbesar dari serat ini adalah kekuatan yang diberikannya dalam bentuk yang sangat ringan, yang nyaman dan memberikan ruang gerak yang luas bagi petugas. Penemuan ini berasal dari senyawa yang sangat mirip secara kimiawi yang disebut Nomex.

Rompi Anti Peluru Kevlar

Penciptaan serat ini melahirkan teknologi termal, yang memadukan sifat tahan panas dan api bersama dengan karakteristik tekstil yang canggih.

Produksi serat aramid yang dikenal dengan nama merek dagang Kevlar® dan Nomex.® memiliki sifat yang unik dan bermanfaat. Kedua aramid ini memiliki struktur dasar yang serupa dan terkadang diproduksi di pabrik produksi yang sama.

Perbedaannya terletak pada strukturnya, Kevlar® adalah para-aramid sedangkan Nomex® adalah meta-aramid. Aramid adalah poliamida di mana setidaknya 85% dari ikatan amida melekat pada cincin aromatik. Aramid pertama yang diproduksi disebut Nomex® yang diperkenalkan oleh Du Pont pada tahun 1961.

Proses Pembuatan Kain Nomex

Reaksi Kimia Bahan Nomex
Reaksi Kimia Pembuatan Nomex

Bahan Nomex terbuat dari reaksi kondensasi monomer m-phenylenediamine dan isophthaloyl chloride. Larutan ini kemudian dipintal kering melalui pemintal. Pelarut yang tersisa diupkan, filamen dicuci dan dililitkan menjadi tow kemudian dipanaskan dan akhirnya diregangkan menjadi gulungan pada suhu 150 derajat celcius.

Nomex dapat diproduksi sebagai benang filamen kontinu, stapel, benang pintal, flok, papan tekan, kertas, jarum felt atau sebagai kain. Kain ini juga dijual dalam bentuk serat dan lembaran dan digunakan sebagai kain tahan panas dan tahan api untuk berbagai kebutuhan.

Karakteristik Bahan Nomex

Sifat-sifat Nomex termasuk sifat isolasi listrik yang bagus pada suhu tinggi. Kain Nomex tidak meleleh pada saat pemanasan dan tidak terdegradasi atau hangus pada suhu hingga lebih dari 370 derajat Celsius.

Senyawa yang biasanya ditemukan pada mantel pemadam kebakaran dan sarung jok maskapai penerbangan adalah Nomex III, yang merupakan komposit dari 95% Nomex dan 5% Kevlar. Kevlar menambah stabilitas dan ketahanan sobek pada material. Sifat umum Nomex tercantum di bawah ini.

  • Tahan Panas dan Api
  • Resistensi Ultraviolet Tinggi
  • Ketahanan Kimia Tinggi
  • Penyusutan Termal Rendah
  • Mudah dibentuk
  • Konduktivitas Listrik Rendah

Mengenal Jenis Jenis Kain Nomex

Nomex® adalah produk serat poliamida aromatik (aramid) yang diproduksi secara industri yang dikenal memiliki sifat tahan api (Fire Resistance) yang bermanfaat. Bahan ini memiliki aplikasi filtrasi dan isolasi yang sangat efektif yang cocok untuk pakaian pelindung termal. Namun, kami masih mempertanyakan ketahanan maksimumnya terhadap suhu panas dan api yang tinggi.

Pada bagian ini, kita akan fokus untuk melihat berbagai jenis kain Nomex dan sifat termalnya untuk mengetahui seberapa besar suhu yang dapat ditahannya sebelum terbakar dan mencapai degradasi.

Seri Nomex® Tipe N300

Seri N300 adalah jenis serat stapel berwarna produsen yang terutama digunakan untuk pakaian pelindung. Varietas ini mengandung campuran serat Kevlar dan Nomex untuk ketersediaan bahan hingga 2 inci (kedalaman). Bahan ini juga dilengkapi dengan penghalang kelembaban saat diaplikasikan sebagai pelapis pakaian.

Nomex® Tipe 430

Tipe 430 memiliki tingkat kristalinitas dan daya tahan yang tinggi. Fitur kekuatan dan ketahanan kimiawi dari jenis serat ini digunakan untuk kain berlapis pemadam kebakaran dan turnout gear.

Nomex® Tipe 450

Nomex tipe 450 adalah serat berwarna putih alami yang terbuat dari 100% meta-aramid staple dengan kekuatan dan kristalinitas tinggi. Bahan ini umumnya digunakan dalam pembuatan baju pemadam kebakaran.

Nomex® Tipe 455

Tipe 455 adalah campuran stapel dari kain Nomex dan Kevlar, juga disebut sebagai Nomex III. Bahan ini memiliki derajat kristalinitas dan kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dengan produk Tipe 450. Namun, ia memiliki sifat pelindung termal yang lebih baik dalam hal penyusutan, kemampuan pewarnaan, dan ketahanan kerut.

Nomex® Tipe 462

Tipe 462 juga merupakan produk dari campuran kain Nomex dan Kevlar untuk meningkatkan sifat pelindung termal. Ini dirancang untuk berfungsi sebagai serat disipatif anti-statis yang mengurangi kekuatan medan listrik.

Nomex® MHP

Nomex MHP adalah campuran stapel dari beberapa serat tetapi didominasi oleh 34% aramid. Jenis ini memiliki aplikasi Fire Resistance multi-hazard untuk panas, api, percikan logam, dan busur listrik. Ditambah lagi, daya tahannya ditingkatkan dengan sentuhan kain yang nyaman.

Penggunaan Kain Nomex

Baju Pemadam Kebakaran

kain Nomex memliki banyak kegunaan, sehingga banyak diterapkan dalam berbagai bidang industri. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan bahan nomex dan pengaplikasiannya terhadap kehidupan sehari hari!

  1. Kertas Nomex digunakan dalam laminasi listrik seperti papan sirkuit dan inti transformator serta struktur sarang lebah tahan api di mana ia jenuh dengan resin fenolik.
  2. Pengemudi mobil balap mengenakan pakaian mengemudi yang terbuat dari Nomex dan atau bahan tahan api lainnya, bersama dengan sarung tangan Nomex, pakaian dalam panjang, balaclavas, kaus kaki, lapisan helm dan sepatu, untuk melindungi mereka jika terjadi kebakaran.
  3. Pilot militer dan awak pesawat mengenakan pakaian penerbangan yang terbuat lebih dari 92 persen Nomex untuk melindungi mereka dari kemungkinan kebakaran kokpit dan kecelakaan lainnya.
  4. Dalam program luar angkasa A.S., Nomex telah digunakan untuk Pakaian Mikrometeoroid Termal pada Unit Mobilitas Extravehicular (bersama dengan Kevlar dan Gore-Tex)
  5. Nomex (seperti Kevlar) juga digunakan dalam produksi driver loudspeaker.
  6. Nomex digunakan pada beberapa atasan gitar klasik untuk membuat papan suara ‘komposit’.
  7. Kain Nomex digunakan sebagai baju pemadam kebakaran

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bahan Anti Air Untuk Jaket Yang Bagus

Oke, sekarang kamu sudah mengerti kan apa itu kain Nomex? Dupont telah membuktikan dirinya sebagai pabrik kain terbesar dan terbaik di dunia dengan menghadirkan serat kevlar dan nomex yang kini banyak dipakai dalam berbagai industri. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu tentang kain tahan api.