Contoh Desain Label Baju Yang Unik Dan Menarik Untuk Meningkatkan Penjualan

Contoh Desain Label Baju yang Unik Dan Menarik Untuk Meningkatkan Penjualan

Label baju adalah salah satu elemen penting dalam sebuah produk pakaian. Label baju tidak hanya berfungsi sebagai identitas merek, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan penjualan. Desain label baju yang unik dan menarik dapat menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa contoh desain label baju yang unik dan menarik. Kita juga akan memberikan tips untuk membuat desain label baju yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

Apa Itu Label Baju?

Apa Itu Label Pakaian

Label baju adalah bagian kecil atau tag yang biasanya dijahit atau ditempelkan pada pakaian untuk memberikan informasi tentang barang tersebut. Label ini dapat berisi berbagai informasi, seperti: merek atau logo, ukuran, bahan, petunjuk perawatan, dan merek.

Umumnya, label pakaian terletak pada berbagai lokasi pakaian, meliputi leher (bagian dalam kerah), sisi dalam keliman, bagian bawah pakaian. Informasi yang diberikan pada label baju tentu dapat membantu konsumen untuk membuat keputusan dalam melakukan pembelian.

Selain itu, label pakaian juga memiliki informasi penting yang dapat memabntu konsumen merawat pakaian mereka dengan benar.

Fungsi Penggunaan Label Pada Baju

Fungsi Label Pakaian

1. Media Branding Dan Promosi Produk

label pakaian yang dirancang dengan baik dapat membantu mempromosikan merek dengan menampilkan logo atau slogan perusahaan. Dengan meningkatnya kesadaran merek tentu membuat konsumen akan lebih mengingat brand tersebut.

2. Memberikan Informasi Tambahan Pada Sebuah Produk

Fungsi penggunaan label baju yang lain adalah untuk memberikan informasi penting pada sebuah pakaian. Informasi ini dapat berupa ukuran pakaian, petunjuk perawatan, harga hingga bahan yang digunakan.

3. Sebagai Identitas Produk

pemasangan label baju pada pakaian dapat memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi dan mengenali sebuah produk. Karena umumnya label tersebut memiliki logo brand ataupun slogan yang mencerminkan sebuah merek. Dengan adanya label pakaian tentu membuat pakaian menjadi semakin menarik bagi konsumen. Untuk pakaian berkualitas baik, biasanya memiliki label pakaian yang kokoh dan terkesan mewah.

4. Meningkatkan Daya Jual

Label baju yang didesain dengan menarik dan informatif dapat meningkatkan nilai jual pakaian. Desain Label baju yang menarik dapat menarik perhatian konsumen dan membuat mereka lebih tertarik untuk membeli pakaian tersebut.

Jenis-Jenis Label Baju Yang Populer

Berikut adalah beberapa jenis label baju yang sering dipakai berdasarkan fungsinya!

1. Label Merek / Brand

Contoh Label Merek Baju

Label merek pada baju merujuk pada logo atau nama merek yang disematkan pada sebuah produk pakaian. Desain label baju ini biasanya dijahit atau diprint pada bagian dalam kerah belakang. Selain nama brand, label baju ini juga memuat beberap informasi penting seperti ukuran ataupun slogan dan logo dari sebuah produk.

Penggunaan label merek ini bertujuan sebagai branding dan dapat meningkatkan brand awareness dari sebuah perusahaan. Selain itu, penggunaan merek pada label baju dapat mencegah pemalsuan produk.

Baca Juga: 9 Tips Meningkatkan Brand Awareness Untuk Memaksimalkan Jualan Kamu

2. Label Perawatan Baju

Contoh Label Perawatan Baju

Label perawatan pakaian adalah label yang ditempel pada pakaian untuk memberikan panduan perawatan dan cara mencuci yang tepat. Biasanya, label ini terdapat pada bagian dalam pakaian dan berisi simbol-simbol yang menjelaskan cara mencuci, mengeringkan, menyetrika, dan memutihkan pakaian.

Sistem pelabelan petunjuk perawatan pakaian umumnya akan berbeda di seluruh dunia mengikuti regulasi pemerintah setempat. Namun, ada juga yang menggunakan standar internasional.

Baca Juga: Mengenal Simbol Pada Label Perawatan Pakaian

3. Label Ukuran Baju

Contoh Label Ukuran Pakaian

Seperti namanya, label ukuran baju umumnya terdapat pada bagian dalam baju dan berisi informasi mengenai ukuran baju tersebut. Label ini biasanya mencantumkan ukuran dalam format Internasional (Eropa & Amerika) yang berupa Huruf dimulai dari S, M, L, XL bahkan hingga XXL. Namun, ada juga yang mengikuti format UK yang menggunakan format angka.

Di Indonesia sendiri, format huruf dipakai untuk atasan seperti kaos, jaket, kemeja dan sebagainya. Sedangkan format angka umumnya dipakai untuk celana.

Baca Juga: Size Chart Kaos Lokal dan Luar

4. Label Stiker

Label Stiker Pakaian

Label stiker ini dapat berupa informasi ukuran, petunjuk perawatan ataupun logo brand produk pakaian tersebut. Perbedaannya adalah stiker ini bersifat tidak permanen karena hanya ditempelkan pada permukaan baju dan bisa dilepas dengan mudah.

5. Hang Tag

Contoh Label Hang tag Pakaian
Contoh Hang Tag Baju

Apa yang dimaksud dengan hang tag? Hang tag adalah label atau tag yang terbuat dari kertas, plastik atau bahan lainnya. Hang tag ini biasanya berisi informasi penting seperti harga, merek, bahan, instruksi perawatan atau bar code.

Penggunaan hang tag bertujuan untuk meningkatkan visibilitas merek, menampilkan informasi produk, memudahkan manjaemen inventaris hingga mengurangi risiko pencurian (biasanya dilengkapi sensor).

Jenis Jenis Bahan Label Baju

1. Woven

Contoh Label Woven Damask

Bahan woven termasuk salah satu jenis bahan yang paling banyak dipakai dalam pembuatan label baju. label baju woven ini memiliki ciri khas berupa tenunan kain dengan tekstur bervariasi mualai dari yang licin hingga kasar. bahan woven dipilih karena memiliki ketahanan yang lebih baik. Umumnya dipakai untuk label baju pada kaos, kemeja dan jaket.

2. Nylon

Contoh Label Nylon

Label Nylon adalah label baju yang terbuat dari bahan nilon. Bahan ini dipilih karena memiliki harga yang lebih murah serta banyak tersedia di pasaran.

3. Satin

Contoh Label Satin

Selain Nylon dan Woven, label pakain yang tidak kalah populer adalah label satin. Label satin adalah jenis label yang terbuat dari serat kain satin. Label ini memiliki ciri khas tekstur yang licin dan mengkilap sehingga dapat memberi kesan mewah.

Umumnya, label baju ini disematkan pada jaket, kaos, kemeja, jilbab, dan lainnya. Bahan satin juga banyak digunakan untuk label handuk, label jok mobil, label bantal hingga spring bed dan karpet.

4. PVC / Label Karet PVC

Contoh Label Karet PVC

Label bahan PVC merupakan jenis label yang terbuat dari bahan PVC. PVC sendiri merupakan bahan yang terbuat dari polyvinyl chloride yang bisanya dipakai dalam pembuatan plastik, pipa air hingga kabel listrik. Saat ini, jenis label PVC yang paling populer adalah label karet PVC karena lebih awet serta tidak mudah rusak walaupun dicuci

5. Label Printing / Sablon

Contoh Label Printing Pada Baju

Jenis label baju yang terakhir adalah label printing atau sablon yang di press pada permukaan kain. Label ini juga merupakan alternatif yang lebih murah dalam pembuatan label pakaian dan umumnya dipakai untuk kaos.

Tips Membuat Desain Label Baju Yang Efektif

Setelah melihat beberapa contoh desain label baju yang kami sertakan tadi, mungkin kamu tertarik untuk membuat desain label baju kamu sendiri. Untuk itu, sebaiknya kamu perhatikan 5 elemen penting dalam desain label baju agar lebih efektif.

1. Perhatikan Logo Dan Nama Brand

Contoh Desain Logo Brand Baju Terbaik

Saat akan membuat desain label pada baju kamu, sebaiknya perhatikan logo dan nama brand yang akan kamu pakai. Pastikan agar logo terlihat jelas serta lebih besar sehingga konsumen dapat mengidentifikasi produk lebih mudah. Nama brand serta logo pada label dapat membantu meningkatkan brand awareness serta promosi gratis untuk produk baju yang kamu buat.

2. Penempatan Label Baju

Ketika akan membuat desain label baju, pastikan juga untuk memperhatikan penempatan label baju. Umumnya label pakaian akan dsematkan pada bagian dalam belakang kerah. Namun, penempatan label baju juga bisa ditempatkan pada area lainnya.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa perhatikan ilustrasi penempatan label baju yang baik di bawah!

Penempatan Posisi Label Baju

Label individu

  • Logo atau Label Merek,
  • Kandungan Serat,
  • Negara Asal,
  • Produsen (jika berbeda dari Merek)
  • Petunjuk Perawatan.

Kombinasi Label Baju

  • Logo atau Merek + Label Negara Asal,
  • Bahan kain + Petunjuk Perawatan,
  • Label Ukuran (jika diperlukan)
  • Logo atau Merek + Ukuran + Label Negara Asal,
  • Bahan kain + Petunjuk Perawatan

3. Pilih Bahan Yang Sesuai Dengan Baju

Contoh desain label baju yang benar adalah dengan memilih bahan yang sesuai. Contohnya, kalau kamu ingin menggunakan label printing, maka bahan pakaian yang cocok adalah bahan yang mudah untuk di printing atau dicetak seperti cotton, taslan, sedangkan bahan lacost pique (biasa untuk pembuatan polo shirt) tidak cocok menggunakan label printing.

4. Sesuaikan Dengan Tema Dan Kegunaannya

Saat akan membuat label baju, sebaiknya perhatikan kesesuaian temanya. Contohnya, untuk pakaian formal dan pakaian mewah, gunakanlah desain label baju dengan bahan terbaik dan tidak terkesan murahan. Sebaliknya, untuk pakaian kasual kamu bisa gunakan label pakaian dengan warna yang lebih cerah dan colorful.

5. Pahami Karakter Pelanggan

Saat akan membuat desain label pakaian, sebaiknya pahami juga seperti apa karakter dari pelanggan kamu. Jika target pelanggan kamu adalah anak anak, kamu bisa menggunakan desain label yang menarik dan lucu. Tapi, kalau pelanggan kamu adalah orang dewasa, gunakan desain label yang lebih formal.

Inspirasi Desain Label Baju Untuk Brand Anda

Berikut adalah beberapa contoh desain label baju yang unik dan menarik untuk meningkatkan penjualan brand kamu.

Contoh Desain Label Kaos

Berikut adalah beberapa contoh desain label baju pada kaos yang cukup unik dan menarik sebagai bahan referensi kamu!

Contoh Desain Label Seragam Dan Kemeja

Berikut adalah beberapa contoh desain label baju pada seragam dan kemeja yang cukup unik dan menarik sebagai bahan referensi kamu!

Contoh Desain Label Jaket

Berikut adalah beberapa contoh desain label baju pada jaket yang cukup unik dan menarik sebagai bahan referensi kamu!

Aplikasi Desain Label Baju yang Mudah Untuk Pemula

Ketika akan membuat desain label baju, kamu tentunya membutuhkan aplikasi yang mumpuni. Sayanganya, buat kamu yang masih awam dalam dunia desain terkadang sangat sulit untuk membuat desain label baju sendiri sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

1. Canva

Contoh Desain Label Baju Menggunakan Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang populer dan mudah digunakan. Aplikasi ini menawarkan berbagai template dan elemen desain yang dapat digunakan untuk membuat desain label baju yang menarik. Canva juga memiliki fitur drag-and-drop yang memudahkan pengguna untuk membuat desain tanpa perlu memiliki keterampilan desain grafis yang kompleks.

Kalau kamu bingung mencari contoh label baju yang bagus, canva sudah menyiapkan ribuan tempalte yang bisa kamu edit secara gratis! Cek template desain label baju di sini!

2. Picsart

Contoh Desain
Label Baju Menggunakan Picsart

PicsArt adalah aplikasi edit foto dan video yang juga dapat digunakan untuk membuat desain label baju. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk mengedit foto, seperti menambahkan teks, stiker, dan filter. PicsArt juga memiliki fitur untuk membuat desain grafis sederhana, seperti membuat logo dan kartu nama.

3. Adobe Spark

Contoh Desain Label Baju Menggunakan Adobe Spark

Adobe Spark adalah aplikasi desain grafis online gratis dari Adobe. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk membuat desain grafis sederhana, seperti membuat logo, kartu nama, dan poster. Adobe Spark juga memiliki fitur untuk membuat desain label baju dengan ukuran dan format yang sesuai.

Baca Juga: 10 Aplikasi Desain Baju Dan Kaos Terbaik Untuk Android (Gratis)