Bahan Hyget: Kelebihan Dan Kekurangan Serta Jenis-Jenisnya

Bahan Hyget

Saat musim kemarau tiba, kaos merupakan pilihan aman untuk kegiatan kasual sehari-hari karena selain nyaman, bahannya cenderung adem dan menyerap keringat dengan baik. Namun, pernahkah kamu merasa gerah dan kepanasan saat menggunakan sebuah kaos? Bisa jadi kaos yang kamu kenakan tersebut menggunakan bahan hyget.

Jadi seperti apa itu bahan hyget? Apa kelebihan dan kekurangan bahan hyget? Kamu bisa simak ulasannya disini!

Apa Itu Bahan Hyget?

Bahan hyget adalah jenis bahan yang terbuat dari campuran katun dan polyester yang dibuat dengan cara dirajut. Kain ini lebih tipis ketimbang jenis bahan kaos lainnya seperti cotton combed, cotton carded maupun cotton PE. Walaupun begitu bahan ini kurang menyerap keringat sehingga kurang cocok dijadikan sebagai bahan kaos distro

Kain ini lebih cocok untuk membuat proyek pakaian untuk momen tertentu atau untuk proyek pakaian jadi dengan budget yang terbatas.

Banner Bikin Kaos

Karakteristik Kain Hyget

  1. Kainnya mengkilap
  2. Bahannya tipis
  3. Permukaan kain halus dan lembut
  4. Mudah melar

Kelebihan Bahan Hyget

  1. Bahannya halus dan tidak mudah kusut, sehingga tidak perlu sering kamu setrika
  2. Mudah kering karena kandungan polyester yang lebih banyak
  3. Bahan ini mudah untuk dibersihkan
  4. Harga kain hyget cukup murah

Kekurangan Bahan Hyget

  1. Kurang bernapas, sehingga kurang cocok untuk membuat kaos atauapun pakaian olahraga
  2. Tidak menyerap keringat, sehingga membuat pemakainya menjadi gerah dan kepanasan
  3. Bahannya terlalu tipis

Baca Juga: Rumus Menghitung Kebutuhan Kain Untuk Kaos

Jenis Jenis Bahan Hyget

Hyget Biasa

Hyget biasa merupakan jenis kain yang biasanya dipakai untuk membuat kaos partai saat musim kampanye. Bahan ini diilih karena harganya yang cukup murah dan memiliki variasi warna yang cukup banyak. Buat kamu yang punya budget terbatas, bahan inis bisa menjadi alternatif untuk bikin kaos murah

Hyget Super

Hyget Super

Bahan ini setingkat lebih baik dari hyget biasa. Kain ini lebih tebal dari hyget biasa dan memiliki kerapatan benang yang cukup tinggi. Penggunaan hyget super meliputi pembuatan hijab instan karena harganya yang lebih murah. Namun begitu, bahan ini kurang berapas sehingga kurang cocok untuk penggunaan harian. Karena dapat membuat kulit kepala kamu kepanasan.

Hyget Balon

Bahan Hyget Balon

Kain hyget balon adalah jenis kain yang terbuat dari campuran spandeks sehingga lebih elastis namun tidak se-elastis spandeks murni. Bahan ini cukup bagus untuk membuat pakaian yang membutuhkan kelenturan seperti seragam olahraga, kaos renang, kaos voly, kaos bola dan sebagainya.

Hyget Serena

Hyget Serena
Contoh Kain Hyget Serena. Sumber: Karya Mandiri Textile

Kain hyget serena memiliki tekstur yang lentir dan padat. Dari ketiga bahan yang telah kami bahas sebelumnya hyget serena merupakan yang terbaik. Bahan ini merupakan campuran katun dan poliester dengan kandungan katun yang lebih banyak sehingga membuatnya lebih bernapas.

Bahan hyget serena memiliki keunggulan tidak menerawang dan sedikit lebih tebal, sehingga cocok untuk pembuatan pakaian murah dengan kualitas yang lebih baik. Selain itu, hyget serena adalah pilihan yang tepat untuk membuat hijab karena tidak akan membuat kamu merasa kepanasan

Perawatan Kain Hyget

Perwatan bahan ini cukup mudah asal kamu mengikuti instruksi dan panduan yang biasanya terdapat pada label perawatan pakaian kamu. Atau, kamu bisa mengikuti panduan praktis berikut:

Mencuci

Saat baju berbahan hyget kamu terkena noda, sebisa mungkin untuk tidak menyikatnya. Hal ini dapat membuat kain menjadi cepat rusak karena kainnya yang tipis. Selain itu, gunakan deterjen yang soft agar warna pada pakaian tidak cepat pudar.

Menjemur

Kain ini mudah mengering, bahkan ketika kamu angin-anginkan saja. Kandungan poliester pada bahan hyget membuat kain ini tidak bisa terpapar sinar matahari langsung. Hindari menjemur di bawah terik matahari karena dapat membuat pakaian kamu berbau apek.

Menyetrika

Kamu tidak perlu menyetrika pakaian yang terbuat dari kain hyget karena, bahannya yang tidak mudah kusut. Jika kamu ingin menyetrika, pakailah suhu sedang dan kamu bisa tambahkan pewangi pakaian untuk menghindari bau apek.

Nah, semoga dengan adanya penjelasasan mengenai bahan hyget, ini bisa menambah pengetahuan kamu mengenai apa saja jenis kain yang bagus untuk membuat kaos. Kalau kamu tertarik untuk bikin kaos dengan harga cukup terjangkau, Ozza Konveksi adalah pilihan yang pas buat kamu!

Baca Juga: Bahan Kain Organza, Karakteristik Dan Penggunaannya