Apa Bedanya Sweater Dan Hoodie? Begini Tanggapan Lesti!

Apa Bedanya Sweater Dan Hoodie

Bukan, ini bukan lesti yang itu. Kebetulan admin punya kenalan di bidang industri fashion yang namanya Lesti. Jadi ceritanya admin lagi berdebat tentang apa sih bedanya Sweater dan Hoodie? Perdebatan panjang dan tiada akhir ini akhirnya membuat admin memutuskan untuk bertanya kepada kenalan admin yang memang expert banget dibidang clothingan.

Dan hasilnya adalah artikel yang bakalan kalian baca ini. So, Selamat membaca!

Hoodie Dan Sweater, Serupa Tapi Tak Sama

Ketika musim hujan dan musim dingin tiba ada dua jenis pakaian yang kerap kali digunakan, Yup Hoodie dan Sweater. Jika kita perhatikan secara sekilas keduanya memang mirip, namun pada dasarnya tidak sama.

Hoodie adalah jenis sweatshirt dengan tudung (penutup kepala) yang menempel pada garis leher. Hoodie biasanya memiliki kantong besar pada bagian depan seperti layaknya kantung kanguru. Sedangkan sweater adalah kategori pakaian musim dingin, biasanya terbuat dari wol dan rajutan, rajutan tangan, atau rajutan mesin.

Apa Itu Hoodie?

Hoodie Outfit Style

Sederhananya, hoodie adalah jaket sweater yang memiliki penutup kepala. Jaket hoodie biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan hangat seperti bahan baby terry dan bahan fleece. Walaupun begitu ada juga yang terbuat dari bahan lain seperti denim, kanvas maupun taslan. Hoodie umumnya memiliki desain berupa kantong atau saku besar pada bagian depan. Selain itu, jaket hoodie dilengkapi tali untuk menyesuaikan penutup kepalanya.

Ada dua jenis hoodie berdasarkan cara memakainya, yakni hoodie dengan resleting dan hoodie tanpa resleting atau biasa kita kenal sebagai Jumper Hoodie

Biasanya hoodie sering dipakai sebagai bagian dari pakaian olahraga seperti olahraga jogging, atau dipakai saat musim dingin tiba. Desain hoodie saat ini cukup beragam, selain lengan panjang ada juga hoodie lengan pendek, crop top hoodie, hoodie oversize dan hoodie tanpa lengan.

Pakaian ini sering di konotasikan dengan anak muda, dan walaupun konstruksi bahannya mirip dengan sweatshirt lainnya, Hoodie lebih terkesan kasual. Karena menggunakan bahan yang lebih lembut sehingga mudah untuk disablon ataupun dibordir.

Baca Juga: Bahan Hoodie Yang Bagus Untuk Pembuatan Jaket

Apa Itu Sweater?

Sweater Outfit Style

Sweater termasuk kedalam kategori pakaian rajut. Sweater merupakan pakaian rajut lengan panjang berbahan wool. Selain wool ada juga yang menggunakan bahan lain seperti fleece. Seperti namanya, sweater berfungsi sebagai pakaian untuk menghangatkan tubuh.

Desain sweater saat ini cukup beragam seperti sweater turtleneck, crew, boat dan v-neck. Umumnya sweater dipakai saat musim dingin tiba karena dapat menghangatkan badan. Sweater juga ada yang memakai tudung kepala layaknya hoodie tapi sangat jarang.

Secara tradisional, sweater adalah pakaian yang dirajut menggunakan tangan. Namun seiring berjalannya waktu ada juga sweater yang diproduksi menggunakan mesin. Saat ini serat sintetis yang meniru kualitas wol sudah tersedia secara komersial.

Seperti halnya hoodie, sweater pada awalnya digunakan untuk melindungi pekerja dari cuaca dingin. Sweater kemudian berkembang menjadi pakaian yang lebih formal. Sejak munculnya mesin rajut untuk pembuatan sweater, sweater buatan tangan saat ini memiliki konotasi yang lebih mahal dan mewah.

Perbedaan Sweater Dan Hoodie

Bahan Sweater Rajut

Perbedaan yang paling jelas antara sweater dan hoodie adalah pada bagian tudungnya. Namun jika kamu perhatikan lebih dekat, ada banyak perbedaan yang bisa kamu temukan atara jaket hoodie dengan sweater ini. Berikut kami jabarkan secara detail melalui tabel untuk referensi cepat kamu!

ElementHoodieSweater
Jenis BahanFleece, baby Terry, french terry, cotton, campuran cotton, dllwool, campuran wool
Model PakaianMemiliki kantung pada bagian depan, memiliki resleting dan ada yang tanpa resleting, ada yang dibuat dengan model lengan panjang, lengan pendek, dan model crop topModel bervariasi, namun kebanyakan memiliki model pullover
Memiliki Tudung?YaTidak
PenggunaanPakaian santai, pakaian atletik (olahraga)pakaian kasual
KonstruksiDijahitDijahit, ada juga yang tanpa jahitan (seamless)

Walaupun berbeda, kenyataannya penggunaannya saling tumpang tindih dan lebih terbagi kepada pertimbangan gaya atau mode ketimbang fungsionalnya.

Baca Juga: Bahan Jaket Baby Terry VS Jaket Fleece Cotton Mana Yang Lebih Bagus?

Apakah Hoodie Sama Dengan Sweatshirt?

Sweatshirt Outfit Style

Hoodie termasuk kedalam salah satu jenis sweatshirt. Istilah sweatshirt merujuk pada kelompok pakaian yang terbuat dari bahan bulu yang halus dan serupa seperti fleece. Tidak semua sweatshirt termasuk kedalam hoodie karena tidak memiliki tudung. Dan tidak semua jaket yang bertudung bisa disebut hoodie.

Outerwear lainnya kadang juga memiliki tudung. Namun begitu, mereka tidak dapat disebut sebagai hoodie karena tidak termasuk kedalam jenis sweatshirt. Contohnya seperti jaket parka dan jas hujan, jaket ini tidak bisa disebut hoodie karena terbuat dari jenis bahan yang berbeda.

Apakah Sweater Sama Dengan Cardigan?

Cardigan Outfit Style

Seperti Pullover, kardigan termasuk kedalam model sweater. Cardigan tidak menutupi kepala serta memiliki dua penutup pada bagian depan berupa kancing. Mayoritas kardigan terbuat dari bahan rajut ketimbang kain tenun. Beberapa kardigan memiliki kantung pada bagian depan, namun tidak sama dengan hoodie.

Cardigan juga bisa memiliki beberapa bentuk kerah seperti crewneck atau v-neck. Cardigan merupakan jenis sweater yang lebih formal ketimbang jenis sweater lainnya. Seringkali model sweater ini dipakai sebagai pakaian pakaian kasual bisnis dan lebih banyak dikinotasikan sebagai pakaian untuk orang yang lebih tua.

Kesimpulan

Sweater dan hoodie keduanya merupakan pakaian yang serbaguna, terutama saat cuaca dingin. Meskipun cukup lembut, hoodie dan sweater dibuat untuk melapisi t-shirt atau pakaian lainnya layaknya jaket.

Sweater adalah jenis pakaian rajut dengan model yang lebih beragam. Sedangkan hoodie lebih spesifik ke jenis sweatshirt yang memiliki tudung (penutup kepala). Jadi, bagaimana? Sekarang sudah tahukan apa bedanya sweater dan hoodie?

Baca Juga: Bahan Jaket Yang Bagus Dan Tidak Panas