Cara Melihat Kualitas Jahitan Baju Yang Bagus

Cara Melihat Kualitas Jahitan Baju Yang Bagus

Pakaian sudah menjadi kebutuhan pokok manusia yang tidak hanya berfungsi melindungi tubuh dari cuaca, tapi juga berfungsi sebagai estetika untuk memperindah tampilan. Banyaknya produsen yang memproduksi berbagai model pakaian dengan berbagai harga dan kualitas tentu membuatmu harus ekstra hati-hati dalam memilih pakaian. Salah satu indikator pakaian berkualitas dapat kita lihat dari kualitas jahitan baju yang diproduksi.

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas beberapa cara melihat kualitas jahitan baju yang bagus. Yuk, simak sampai habis!

Ciri-Ciri Jahitan Baju Yang Bagus

1. Jahitan Lurus Dan Rapi

Cara Melihat Jahitan Baju Yang Bagus

Lihatlah pakaian yang kamu beli, pakaian yang berkualitas harus memiliki jahitan yang rapi, lurus dan simetris. Perhatikan apakah garis jahitannya sudah lurus dan sejajar pada seluruh bagian, terutama pada bagian bagian vital seperti pinggang dan bahu.

2. Hitung Jumlah Tusukan Jarum (Stitch)

Pakaian berkualitas biasanya memiliki banyak tusukan jarum per inci sehingga memiliki jahitan yang lebih rapat. Cobalah untuk menghitung jumlah tusukan jarum (stitch) dalam satu inci! Jika kerapatan jahitan berkisar 7 – 9 tusukan jarum, maka ini artinya kualitas jahitannya berada pada kelas menengah ke bawah.

Sedangkan untuk kerapatan jahitan antara 11 – 12 tusukan per inci sudah termasuk bagus kualitasnya dengan standar ekspor. Sedangkan untuk kerapatan jahitan antara 13 -14 stitch termasuk ke dalam jenis pakaian kualitas premium yang biasanya diapakai oleh brand brand fashion ternama.

Artikel Terkait: Mengenal Jenis Jenis Jahitan Berdasarkan Kelas (Stitch Class)

3. Menggunakan Material Benang Berkualitas

Benang Jahit Astra

Tips lain dalam menentukan kualitas jahitan yang bagus adalah dengan melihat material benang yang produsen pakai. Walaupun begitu, hal ini cukup menyulitkan terutama ketika kamu membeli sebuah pakaian, karena terkadang produsen tidak mencantumkan benang apa yang mereka pakai.

Kalau kamu menggunakan jasa konveksi terdekat untuk produksi pakaian, kamu bisa coba tanyakan pada pihak konveksi mengenai benang yang mereka pakai. Beberapa merek benang yang cukup bagus kualitasnya antara lain: benang astra, benang extra dan benang pegasus.

Artikel Terkait: Macam Macam Benang Dan Kegunaannya

4. Kualitas Jahitan Obras Yang Halus

Jahitan Obras

Jahitan obras merupakan salah satu jenis jahitan yang digunakan untuk menutup tepi kain agar tidak mudah terurai. Kualitas jahitan obras yang bagus akan membuat baju lebih rapi, kuat, dan awet. Untuk melihat obras yang bagus atau tidak kamu bisa coba perhatikan hal berikut:

  1. Rapi dan tidak terputus
  2. Rapat dan sejajar
  3. Warna benang sesuai dengan warna kain
  4. Menggunakan ukuran benang yang sesuai
  5. Jahitan obras yang bagus tidak akan meudah terlepas apabila ditarik

4. Menggunakan Jenis Jahitan Yang Sesuai

Jenis Jahitan Pada Kemeja

Baju berkualitas harus menggunakan jenis jahitan yang sesuai. Kesalahan dalam pemilihan jenis jahitan tidak hanya akan mengurangi estetika tapi juga akan membuat pakaian mudah rusak.

5. Periksa Kualitas Jahitan Kancing

Kualitas Jahitan Kancing

Jahitan kancing adalah salah satu cara lain untuk mengukur kualitas kemeja, mulai dari yang klasik (dua baris sejajar) hingga croce (jahitan silang) atau jahitan ceker ayam (lihat gambar atas, paling kanan).

Lubang kancing terakhir juga dijahit secara horizontal (lihat gambar di atas) untuk menghindari ketegangan pada jahitan lubang kancing pada bagian dalam celana.

6. Mengikuti Standar Internasional

Pakaian bekualitas umumnya menggunakan standar internasional dalam membuat sebuah pakaian. Standar ini bisa berupa jenis jahitan yang digunakan, bahan benang, ukuran benang hingga metode uji kekuatan jahitan.

Berikut adalah beberapa contoh jenis jahitan yang mengikuti standar internasional:

  • Jahitan jelujur (running stitch)
  • Jahitan tusuk feston (feston stitch)
  • Jahitan tusuk jelujur rapat (close running stitch)
  • Jahitan tusuk jelujur berganda (double running stitch)
  • Jahitan tusuk balut (backstitch)
  • Jahitan tusuk pipih (flat fell seam)
  • Jahitan tusuk tersembunyi (invisible seam)

7. Tidak Ada Sisa Benang

Sisa Benang Bisa menjadi penentu apakah pakaian yang kamu beli berkualitas baik atau tidak. Jika terdapat sisa benang pada jahitan, ini mengindikasikan kualitas jahitan pada baju tersebut kurang baik. Sisa benang bisa menyebabkan rusaknya jahitan sebab benang bisa keluar dengan bebas.

Nah, itu dia beberapa cara melihat kualitas jahitan baju yang bagus dan bisa kamu coba. Jahitan baju yang baik tentu akan membuat pakaian yang kamu beli jauh lebih awet dan tidak mudah rusak. Kalau kamu sedang mencari konveksi baju terbaik yang bisa mengerjakan pakaian berkualitas, Ozza Konveksi lah tempatnya!

Ozza Konveksi melayani jasa pembuatan pakaian dengan kualitas jahitan yang rapi dan kuat. Produk yang kami buat antara lain: jaket, kaos, rompi, polo shirt, kemeja, seragam kerja, PDH, PDL, topi hingga totebag.

Konveksi Baju Seragam

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Benang Untuk Pembuatan Pakaian